Jokowi Segera Lantik Anggota Baru KPU dan Bawaslu

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Twitter Presiden Joko Widodo

VIVA.co.id - Usai disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat, tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu periode 2017-2022, selanjutnya akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Para anggota KPU dan Bawaslu yang baru itu, disahkan dalam rapat paripurna DPR pada Kamis, 6 April 2017.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Setelah diputuskan DPR, maka Presiden akan mengambil sumpah atau pelantikan anggota KPU dan Bawaslu," kata Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapto Pribowo, saat dihubungi, Jumat 7 April 2017.

Melalui Komisi II DPR, usai menjalani uji kelayakan dan kepatutan terhadap 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu yang diajukan oleh Presiden, maka terpilih anggota tetap KPU dan Bawaslu tersebut.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Ketujuh anggota KPU terpilih tersebut adalah Pramono Ubaid Tanthowi, Wahtu Setiawan, Hasyim As’ari, Ilham Saputra, Viryan, Evi Novida Ginting Manik, dan Arief Budiman. Sementara itu, lima anggota terpilih Bawaslu adalah Ratna Dewi Pettalolo, Mochamad Afifuddin, Rahmat Bagja, Abhan, dan Fritz Edward Siregar.

"Presiden menghormati keputusan DPR dalam memilih anggota KPU dan Bawaslu," tutur Johan.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Hanya saja, kapan pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan, belum ada jadwal pasti.

Presiden Jokowi dan Wapres KH. Ma'ruf Amin Serahkan Zakat

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proses negosiasi pemerintah untuk menambah kepemilikan saham PT. Freeport Indonesia (PTFI) sebesar 10 persen masih berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024