TUTUP
TUTUP
POLITIK

Ketua MPR Sarankan OSO Tak Rangkap Jabatan Pimpinan

Dia adalah Wakil Ketua MPR dan baru dipilih menjadi Ketua DPD.
Ketua MPR Sarankan OSO Tak Rangkap Jabatan Pimpinan
Ricuh Sidang Paripurna DPD, 3 April 2017. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

VIVA.co.id – Rapat paripurna DPD yang menetapkan Oesman Sapta Odang alias OSO, Darmayanti Lubis dan Nono Sampono sebagai pimpinan DPD yang baru secara aklamasi, masih menyisakan kisruh di DPD. Osman Sapta diketahui rangkap jabatan karena sebelumnya dia sudah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR. Kemarin, OSO juga diputuskan aklamasi sebagai Ketua DPD.

Ketua MPR, Zulkifli Hasan mengatakan, jabatan Osman Sapta Odang sebagai Wakil Ketua MPR adalah memang perwakilan fraksi DPD.  

"Sekarang pak OSO sudah terpilih jadi Ketua DPD, tentu DPD kita hormati. Saya percaya pak OSO mampu selesaikan apa yang terjadi di DPD," kata Zulkifli usai pembukaan acara Pra Konferensi Nasional Etika Berbangsa dan Bernegara di Jakarta, Rabu 5 April 2017.

Namun Politikus PAN ini berpendapat, sebaiknya OSO memilih salah satu jabatan, apakah sebagai Wakil Ketua MPR atau Ketua DPD.  

"Soal pengganti pak OSO, itu terserah DPD karena DPD yang menentukan. Bukan kewenangan kami. Saya kira pak OSO sudah Ketua DPD, tidak mungkinlah rangkap jabatan," ujarnya menambahkan.

Mengenai adanya dua kubu di DPD sebagai buntut kisruh soal kekuasaan di DPD, Zulkifli enggan berkomentar. Ia berharap, OSO sebagai ketua DPD baru segara bisa menyelesaikan friksi tersebut dengan bijak.

"Kita doakan DPD bisa selesaikan masalah," katanya. (mus)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP