Oesman Sapta Odang Terpilih Sebagai Ketua Baru DPD RI

Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Dewan Perwakilan Daerah kembali melanjutkan sidang paripurna pada Selasa dini hari, 4 April 2017. Ada yang unik saat paripurna lanjutan ini, yakni kehadiran Oesman Sapta Odang.

La Nyalla Minta Doa Rais Aam NU, Bilang Demokrasi RI Perlu Dikoreksi

Setelah paripurna diskors cukup panjang, DPD rupanya sepakat untuk tetap memilih Ketua DPD yang baru. Hal itu juga menyusul pengajuan mosi tidak percaya atas putusan sepihak Wakil Ketua DPD GKR Hemas dan mundurnya Wakil Ketua Farouk Muhammad.

Saat pemilihan, muncul sejumlah nama yang masuk bursa pemilihan. Dari wilayah barat terdapat tiga calon yang maju sebagai pimpinan yakni Abdul Azis, Darmayanti Lubis dan Andi Surya. Dari wilayah tengah hanya terdapat nama OSO dan dari wilayah timur adalah Nono Sampono dan Bahar Gintung.

Songsong Pemilu 2024, Oso Minta Kader Hanura Aktif Rangkul Rakyat

Meskipun terdapat sejumlah nama, namun sidang rupanya dengan cepat memilih nama OSO secara aklamasi pada sekitar pukul 02.00 WIB. DPD juga memilih Darmayanti Lubis dan Bahar Gintung sebagai Wakil Ketua, setelah kandidat yang lain mengundurkan diri.

"Menetapkan saudara Oesman Sapta sebagai Ketua, saudara Nono Sampono sebagai Wakil Ketua 1 dan saudari Darmayanti Lubis sebagai Wakil Ketua 2," kata pimpinan sementara DPD Rini Damayanti di ruang sidang Nusantara V, Senayan, Jakarta.

OSO Tunjuk Kodrat Shah Jadi Sekjen Hanura Gantikan Gede Pasek Suardika

Setelah ditetapkan, OSO mengaku siap untuk memimpin DPD ke depan. Dia mengaku telah dibangunkan pada malam ini, untuk mengikuti bursa pemilihan pimpinan DPD ini. "Insya Allah kami akan melaksanakan tugas murni ini dalam turut membangun bangsa," kata OSO.

Ketua Umum Partai Hanura ini mengaku akan membawa DPD kepada tugasnya yang utama. Yakni menyampaikan kepentingan-kepentingan dari daerah kepada pusat.

"Untuk menjaga dan juga memperjuangkan kepentingan-kepentingan daerah," ujar OSO.

Setelah ditetapkan, rencananya pada Selasa siang ini, OSO, Darmayanti dan Nono akan dilantik. Mereka juga akan diambil sumpahnya oleh Mahkamah Agung (MA).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya