Kader Gerindra di DPRD Setor Rp20 Juta untuk Anies-Sandi

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Datangi KPK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA.co.id – Para politisi Gerindra yang jadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD di tingkat provinsi maupun kabupaten kota se-Jawa Barat dimintai sumbangan masing-masing Rp20 juta untuk memaksimalkan dukungan dan pemenangan terhadap pasangan calon Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Jawa Barat, Ricky Kurniawan, mengungkapkan penggalangan sumbangan ini berlaku bagi seluruh anggota Dewan dari Gerindra se-Indonesia.

"Kita sama-sama menggalang dana. Semua anggota Dewan se-Indonesia, di daerah nyumbang 20 juta (Rupiah)," ujar Ricky di Kantor DPRD Provinsi Jawa Barat di Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), Rabu 29 Maret 2017.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Menurutnya, dukungan tersebut disambut baik para anggota Dewan untuk memaksimalkan hasil putaran kedua. Bahkan sumbangan untuk pasangan Anies-Sandi kata dia, tidak hanya dari anggota Dewan, kader non Dewan dari Gerindra pun ikut memberikan sumbangan.

"Ini bentuk saling support. Dari kader lainnya pun kami mengumpulkan dana," katanya.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Dia mengatakan, pemenangan Anies-Sandi sangat penting karena bakal menjadi tolak ukur penilaian kualitas mesin partai. Tidak hanya itu, Pilkada DKI akan menjadi acuan dan mampu mengubah peta politik di daerah.

"DKI (Jakarta) penting untuk semuanya. Siapa yang menguasai DKI, itu menguasai Indonesia. Pilgub Jakarta ini sebagai barometer di nasional, miniaturnya Indonesia," lanjutnya.

Jawa Barat yang sebentar lagi akan menjalani Pilkada pada 2018 juga menjadikan proses Pilkada DKI Jakarta menjadi acuan. "Meski tidak selalu apple to apple karena karakteristik pemilih di Jakarta dengan Jawa Barat belum tentu sama," ujar dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya