TUTUP
TUTUP
POLITIK
Pilkada DKI Jakarta

Roy Suryo: Demokrat Nonblok, Tapi Kader Tak Boleh Golput

Kader Demokrat diberi kebebasan memilih dalam Pilkada DKI putaran II.
Roy Suryo: Demokrat Nonblok, Tapi Kader Tak Boleh Golput
Pidato Umum Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

VIVA.co.id – Partai Demokrat memastikan mengambil sikap netral alias non blok di putaran dua Pilkada DKI. Meski sikap partai non blok, para kader Demokrat dipersilakan untuk tetap bebas memilih sesuai pilihannya.

"Instruksi Ketua Umum kami, Pak SBY seperti itu. PD pasti non blok, meski kader tetap bebas memilih, tidak boleh golput," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo, kepada VIVA.co.id, Rabu 29 Maret 2017.

Roy menjelaskan alasan utama partainya bersikap non blok karena pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni tak lanjut ke putaran dua. Demokrat legowo dengan kekalahan Agus-Sylvi.

Namun, kekalahan ini tak bisa memaksakan Demokrat untuk menentukan pilihan ke salah satu paslon di putaran dua.

"Di putaran II sudah tidak lagi diikuti paslon yang kami usung. Jadi, tidak 100 persen sama dengan paslon nomor 2 atau 3. So, inilah pilihan paling Demokratis yang diambil, tidak memaksakan ke paslon tertentu," jelas Roy.

Diharapkan Roy, putaran dua Pilkada DKI berlangsung demokratis dengan menghadirkan gubernur pilihan masyarakat. Kelancaran proses demokrasi Pilkada DKI akan menjadi barometer.

"Pilkada DKI ini harus berjalan lancar, baik untuk menentukan pimpinan masyarakat Jakarta lima tahun ke depan," lanjut mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu. (ren)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP