Calon Anggota KPU-Bawaslu Diuji Kepatutan Pertengahan April

Petugas Komisi Pemilihan Umum memantau proses penghitungan suara Pilkada Serentak 2017, Jumat (17/2/2017)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA.co.id – Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Hanura Rufinus Hutauruk mengatakan, seluruh anggota Komisi II telah sepakat bersama pemerintah akan segera melangsungkan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap seluruh calon komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu RI) periode 2017 -2022 pada pertengahan April mendatang.

Saksi Ahli di MK Sebut Sirekap Tak Bisa Dipakai Untuk Ubah Suara Pilpres 2024

"Ya jelas, untuk jabatan ini berakhir di tanggal 12 April. Untuk itu sebelum tanggal itu sudah haruslah mereka dilantik. Itu alasan rasional, tak mengada-ada, tak dipolitisasi," kata Rufinus di Kompleks DPR, Jakarta Pusat, Senin 27 Maret 2017.

Ia melanjutkan, jika merujuk pada ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku, tidak ada alasan bagi DPR untuk tidak menyelesaikan uji seleksi para calon komisioner KPU dan Bawaslu pada tanggal 12 April mendatang. Hal itu diyakini Rufinus karena masa jabatan penyelenggara Pemilu yang menjabat saat ini, akan habis pada tanggal 12 April tersebut.

KPU Pastikan Sengketa Pilpres 2024 di MK Tak Ganggu Pilkada Serentak 2024

"Kalau seandainya harus menunggu undang undang baru, kalau itu jadi alasan, kekosongannya gimana ini? Kan enggak bisa. Ini kan lembaga yang mandiri. Kalau kita lepas maka akan terjadi kekosongan hukum nanti," ujarnya.

Tak hanya itu, yang menjadi pertimbangan pemerintah dan DPR untuk segera menyelesaikan fit and proper test adalah pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018. Penyelenggara Pemilu yang nantinya terpilih juga harus mempersiapkan tahapan Pileg dan Pilpres 2019.

Dicecar Ketua KPU, Saksi Ahli 03: Seperti Ngetes Statistik Kebetulan Saya Punya Jimatnya

"Jadi harus sesuai jadwal dong. Kira-kira apa sih yang membuat kita menolak?" (mus)

Ketua Koordinator Strategis TKN Prabowo-Gibran Sufmi Dasco Ahmad (tengah).

Keyakinan Gerindra Usai PDIP Layangkan Gugatan ke PTUN Terkait Hasil Pilpres 2024

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, optimis gugatan PDIP terhadap Komisi Pemilihan Umum atau KPU, ke PTUN, tak akan mempengaruhi hasil dari Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024