PDIP Ingatkan KPK Tak Perlu Gaduh Usut Kasus e-KTP

Masinton Pasaribu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu, meminta agar kasus korupsi proyek Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) tidak melebar ke mana-mana. Dia pun berharap agar kasus hukum ini tidak dijadikan alat politisasi. Karena itu KPK disebut harus fokus mencari siapa pelaku utama kasus ini.

Yasonna Dorong Forum Pengembalian Aset Korupsi Century dan e-KTP di Forum AALCO

"Jangan sampai KPK mengkriminalisasi melalui opini hukum yang, menurut kita, sebuah dakwaan yang tidak jelas, membingungkan. Lantas menyebut nama sekian orang tidak fokus. Fokus saja dakwaan, kejar ke sana (pelaku utama)," kata Masinton ketika ditemui di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 18 Maret 2017.

Menurut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, jika kasus ini berjalan panjang bahkan hingga dua tahun, maka kasus ini punya daya rusak ke depan. Khususnya menyangkut Pemilu 2019 nanti.

Setya Novanto Dapat Remisi Idul Fitri, Masa Tahanan Dipotong Sebulan

"Ini kan juga dalam proses dua tahun kita akan Pemilu. Daya rusak opini bisa berbahaya," ujar Masinton.

Masinton kemudian mengatakan saat uji kepatutan dan kelayakan para pimpinan KPK di DPR beberapa waktu lalu, mereka akan menjalankan tugasnya tanpa banyak kegaduhan.

Diperiksa Kasus E-KTP, Eks Mendagri Gamawan Fauzi Bantah Kenal Tanos

“Ketika fit and proper, mereka katakan akan bekerja dalam senyap, tidak gaduh. Tujuan KPK ini kan karena Kejaksaan Kepolisian belum maksimal. Jangan sampai KPK terdegradasi oleh perilaku pimpinannya," kata Masinton. (ren)

Agus Rahardjo

Bambang Pacul Sebut Pernyataan Agus Rahardjo soal Intervensi Jokowi Kedaluarsa: Motifnya Apa Coba?

Politikus PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mempertanyakan motif mantan Ketua KPK Agus Rahardjo yang menyebut Jokowi intervensi kasus e-KTP

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023