Hasyim Muzadi Bapak Umat Islam Indonesia

Mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU), Hasyim Muzadi.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mujahid menilai sosok Hasyim Muzadi sebagai seorang bapak bagi umat Islam di Indonesia. Ia juga mengenal Hasyim sebagai sosok ulama yang peduli sekali terhadap nasib kiai dan pesantren.

Anak KH Hasyim Muzadi, Iis Dahlia, hingga Artis Ribet Versi Ernest

"Beliau sosok ulama dan nahdiyin tulen yang peduli sekali kepada nasib kiai dan pesantren," ujar Sodik melalui pesan singkat pada Kamis, 16 Maret 2017.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra tersebut juga mengatakan bahwa Hasyim adalah sosok mubaligh atau penyampai risalah yang jelas. Penyampaiannya selalu menyejukkan dan menyegarkan.

NU: Gus Hilman Mirip KH Hasyim Muzadi

Hasyim juga berjiwa besar, rela demi kepentingan umat yang lebih besar, itu ia buktikan dengan maju dalam Pemilihan Presiden berpasangan dengan Megawati Soekarnoputri pada Pilpres 2004 lalu.

"Semoga Allah SWT memgampuni dosanya dan menempatkannya pada tempat mulia sesuai iman dan amalnya," ujar dia.

Sosok Putra KH Hasyim Muzadi yang Tewas Kecelakaan

KH Hasyim Muzadi menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis, 16 Maret 2017, pagi ini sekitar pukul 06.15 WIB. Pada Rabu kemarin, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, sempat mengunjungi dan menjenguk almarhum.

Menurut rencana, almarhum akan dimakamkan di Depok, Jawa Barat, sore ini juga tepatnya di kompleks pesantren Al Hikam Jalan H. Amat Kelurahan Kukusan Rt. 06/01 Kecamatan Beji, Kota Depok.

Ganjar Pranowo di Ponpes Al-Hikam, Malang Jawa Timur

Silaturahmi ke Keluarga Hasyim Muzadi, Ganjar Pranowo: Pak Hasyim Memberi Banyak Ilmu ke Saya

Ganjar Pranowo, mengunjungi Pondok Pesantren Al-Hikam, di Lowokwaru, Kota Malang Jawa Timur pada Jumat 13 Oktober 2023. Ini adalah pondok yang didirikan KH Hasyim Muzadi.

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2023