Duka dan Doa dari Senayan untuk KH Hasyim Muzadi

KH Hasyim Muzadi.
Sumber :
  • nu.co.id

VIVA.co.id - Publik Tanah Air berduka atas meninggalnya KH Hasyim Muzadi. Sejumlah politikus di DPR pun ikut mendoakan kiai yang dikenal memperjuangkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin ini.

Silaturahmi ke Keluarga Hasyim Muzadi, Ganjar Pranowo: Pak Hasyim Memberi Banyak Ilmu ke Saya

Angggota DPR sekaligus Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Kadir Karding menilai KH Hasyim Muzadi adalah sosok yang alim dan organisatoris.

"Beliau memiliki pemahaman yang baik tentang politik. Beliau dikenal sebagai orang yang getol mengkampanyekan Islam itu damai di dunia internasional," kata Karding saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis, 16 Maret 2017.

Anak KH Hasyim Muzadi, Iis Dahlia, hingga Artis Ribet Versi Ernest

Anggota DPR Fraksi PKB lainnya, Cucun Ahmad Syamsurijal, mengatakan keluarga besar Fraksi PKB di DPR berbelasungakawa dan merasa kehilangan tokoh bangsa atas meninggalnya KH Hasyim Muzadi. Cucun menilai, selama ini Hasyim Muzadi selalu memberikan wejangan yang sejuk tentang kebhinekaan di Indonesia.

"Innalillahi wainnailaihi rajiun, kami amat sangat merasa kehilangan tokoh bangsa yang selalu memberikan wejangan yang sejuk tentang kebinekaan di indonesia," ujar Cucun.

NU: Gus Hilman Mirip KH Hasyim Muzadi

Cucun menjelaskan, satu persatu figur dan payung keutuhan NKRI dipanggil Allah. Menurut Cucun, belum tentu dapat pengganti yang seperti Hasyim Muzadi.

"Setelah Gus Dur, kini KH Hasyim Muzadi. Kita sudah banyak kehilangan satu persatu figur dan payung keutuhan NKRI. Belum tentu ada gantinya seperti beliau," kata Cucun.

Cucun berharap, semoga ulama yang ada hari ini bisa meneruskan apa yang telah dilakukan Hasyim Muzadi. Terlebih saat ini kebhinekaan Indonesia sedang  diuji.

"Kita akan sangat merindukan sosok beliau, mudah-mudahan ada hikmah dari apa yang disampaikan selama ini," ungkap Cucun.

Sementara itu, dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Muhammad Iqbal, mengatakan bahwa Indonesia kehilangan lagi salah satu putra bangsa KH Hasyim Muzadi. Meninggalnya tokoh inspiratif itu menyisakan duka yang mendalam bagi seluruh elemen bangsa.

"Innalillahi wainnailaihi rajiun. Saya turut berduka cita atas wafatnya KH Hasyim Muzadi. Kita kehilangan lagi salah satu putra bangsa," ujarnya.

Iqbal menambahkan, Hasyim Muzadi menrupakan tokoh Islam yang semasa hidupnya banyak memberikan kontribusi pemikiran untuk kemajuan bangsa Indonesia.

"Semoga almarhum husnul khotimah. Selama ini kita tahu beliau telah berkontribusi banyak untuk kemajuan Bangsa Indonesia dalam hal pemikiran," kata anggota Komisi IX DPR ini.

Ketua Fraksi PAN, Mulfachri Harahap juga ikut berbelasungkawa dan mendoakan KH Hasyim Muzadi diberikan yang terbaik di sisiNya.

"Semoga almarhum pergi dalam keadaan husnul khotimah dan mendapatkan kemuliaan di hadapan Allah. Atas  musibah ini insya Allah keluarga selalu sabar dan tabah," kata Mulfachri.

KH Hasyim Muzadi menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis, 16 Maret 2017, pagi ini sekitar pukul 06.15 WIB. Pada Rabu kemarin, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, sempat menjenguk Kiai Hasyim.

Menurut rencana, almarhum akan dimakamkan di Depok, Jawa Barat, sore ini juga tepatnya di kompleks pesantren Al Hikam Jalan H. Amat Kelurahan Kukusan RT 06/01 Kecamatan Beji, Kota Depok. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya