TUTUP
TUTUP
POLITIK

Pemerintah Wacanakan Lagi Ibu Kota Pindah dari Jakarta

Menurut Kemendagri, Presiden wacanakan ibu kota pindah ke Palangkaraya
Pemerintah Wacanakan Lagi Ibu Kota Pindah dari Jakarta
Mendagri Tjahjo Kumolo  (VIVA.co.id/Muhammad Yasir)

VIVA.co.id – Kementerian Dalam Negeri menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kelitbangan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang dimulai pada Rabu malam 15 Maret 2017. Rakornas dibuka oleh sambutan Mendagri Tjahjo Kumolo, yang dibacakan oleh Kepala Litbang Dodi Riyadmaji, karena Tjahjo berhalangan hadir malam ini.

"Badan Litbang daerah memiliki tugas dan fungsi dalam kegiatan penelitian dan pengembangan guna membantu kepala daerah dalam perumusan kebijakan atau regulasi, penyelenggaraan inovasi daerah, dan pembinaan penyelenggaraan pemerintah daerah," kata Tjahjo seperti dibacakan Dodi, di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Rabu malam 15 Maret 2017.

Menurut Tjahjo, rakornas di Palangkaraya juga mempunyai nilai strategis terkait dengan ide yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, yang mewacanakan Palangkaraya untuk dijadikan sebagai ibu kota pemerintahan Republik Indonesia. Tjahjo meminta Litbang juga mengkaji wacana itu.

"Hal ini pula tentunya terkait dengan letak kota Palangkaraya yang dinilai miskin ancaman bahaya kebencanaan. Akan tetapi, proses ini tentunya tidak mudah mengingat banyak aspek lain yang masih perlu dikaji secara lebih mendalam, seperti untung dan ruginya, apabila ibu kota negara jadi dipindahkan ke Provinsi Kalimantan Tengah," ujar Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo menginstruksikan adanya prioritas yang dilakukan terkait penguatan regulasi tentang inovasi daerah. Dengan demikian ke depan menurutnya bisa ada perubahan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Ke depannya dapat membawa dampak positif dalam upaya peningkatan kualitas kebijakan yang ditetapkan," kata Menteri Tjahjo.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP