Strategi Gerindra Rayu Dukungan Demokrat dan Relawan AHY

Rapat Akbar Kader Gerindra
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Pouyono mengatakan partainya terus berupaya merangkul Partai Demokrat dan relawan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni. Upaya pendekatan ini dilakukan melalui kader akar rumput Gerindra dan relawan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

Dengan pendekatan sesama akar rumput dinilai bisa memunculkan persamaan persepsi untuk berjuang dan mendukung bersama-sama.

"Karena yang terpenting adalah mengajak kader akar rumput mereka dahulu untuk bisa bergabung dengan Anies-Sandi," kata Arief dalam pesan singkatnya kepada VIVA.co.id, Selasa, 14 Maret 2017.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Menurut Arief, alasan untuk merangkul suara akar rumput Demokrat dan relawan Agus-Sylvi terlebih dahulu agar dilibatkan dalam peta koalisi. Jika hanya melibatkan elite parpol, maka ada kekhawatiran kader akar rumput merasa tak diajak dan muncul kekecewaan.

Meski demikian, komunikasi dengan elite Demokrat juga dilakukan secara aktif.

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang

"Karena kami sangar respek dan hormat pada kader akar rumput dan masyarakat yang jadi relawan AHY. Mereka sudah kerja keras di putaran pertama," lanjut Arief.

Selain itu, akar rumput partai Demokrat dan relawan Agus-Sylvi yang punya peran paling penting menjaga suara Anies-Sandi tak dicurangi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada putaran dua nanti.

Dikatakan Arief, saat ini sebagian akan rumput Demokrat dan relawan Agus-Sylvi juga merasakan DKI Jakarta butuh pemimpin baru.

"Mereka merasakan kalau Jakarta itu memang butuh pemimpin baru yang santun," tuturnya.

Seperti diketahui, suara parpol pengusung dan  barisan massa pendukung Agus-Sylvi di putaran pertama jadi rebutan untuk putaran dua Pilkada DKI. Pasangan Agus-Sylvi yang tersisih di putaran pertama diusung Koalisi Cikeas dengan empat parpol yaitu Demokrat, PPP, PAN, dan PKB.

Dari empat parpol tersebut, baru PAN yang menunjukkan sinyal kuat akan bergabung mendukung pasangan Anies-Sandiaga.
   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya