Novanto: Apa yang Disampaikan Nazaruddin Tidak Benar

Ketua DPR, Setya Novanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri.

VIVA.co.id - Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, membantah mengenai dugaan keterlibatannya dan Partai Golkar dalam kasus korupsi e-KTP. Dia mengaku tidak pernah bertemu dengan sejumlah orang untuk membicarakan proyek tersebut.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

"Dan saya sampaikan apa yang disampaikan oleh saudara Nazaruddin ada pertemuan saya dengan Anas, Andi Narogong, dan juga saudara Nasaruddin adalah enggak benar," kata Novanto di acara Rakornis Korbid Kepartaian DPP Golkar, Jakarta, Kamis, 9 Maret 2017.

Novanto menuturkan, bahwa dia sudah menjelaskan semua kepada KPK. Bahkan, dia sudah dua kali diperiksa oleh penyidik. "Nah ini saya sudah disidik dua kali, sudah memberikan klarifikasi yang sejelas-jelasnya. Apa yang saya lihat, apa yang saya ketahui dan apa yang saya dengar," katanya.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Meskipun namanya ikut disebut, dia mendukung penuh langkah KPK untuk menuntaskan kasus e-KTP. Dia juga mengapresiasi pimpinan KPK. "Khusunya para penyidik yang sudah melakukan pemeriksaan-pemeriksaan terhadap yang lain dan juga termasuk saya," katanya.

Novanto sendiri sudah membaca dakwaan yang ditujukan pada mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Irman dan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri, Sugiharto.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

"Dan tentu apa yang sudah disampaikan dalam dakwaan, meskipun saya mengetahui sudah ada edaran-edaran yang sebelumnya saya sudah terima. Sehingga saya sempat membaca," kata Novanto.

Sebelumnya, sejumlah nama-nama besar diduga menerima uang dari proyek e-KTP. Sejumlah politisi Partai Golkar ikut terseret. Mereka adalah Setya Novanto dan Ade Komarudin. (mus)

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024