TUTUP
TUTUP
POLITIK

Jadi Plt Ahok, Sumarsono Diyakini Netral

Pula tak sulit menyesuaikan diri.
Jadi Plt Ahok, Sumarsono Diyakini Netral
Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono kunjungi lokasi kebakaran Kwitang (VIVA.co.id/ Eduward Ambarita)

VIVA.co.id – Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono, kembali menjabat sebagai Pelaksana tugas (plt) Gubernur DKI Jakarta. Sementara Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta saat ini, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat alias Ahok-Djarot, akan menjalani masa cuti kampanye pilkada putaran dua mulai tanggal 7 Maret hingga tanggal 15 April mendatang.

Terkait hal itu, Anggota DPR Komisi II, Arteria Dahlan, memberikan tanggapan atas pelantikan Soni, sapaan akrab Sumarsono. Menurutnya, Soni merupakan sosok yang punya pengalaman memimpin DKI Jakarta, sebab pernah menduduki posisi yang sama belum lama ini.

"Saya pikir tidak ada masalah karena Pak Soni kemarin toh sudah berpengalaman untuk mengurus DKI. Ini kali kedua dan lebih singkat, tidak lebih dari 1,5 bulan," ujar Arteria dalam pesan singkat, Selasa 7 Maret 2017.

Oleh karena itu, ia meyakinkan publik agar tidak khawatir atas penunjukan kembali Soni oleh Mendagri.

"Tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Beliau itu sosok pekerja. Jadi enggak main-main politik, tegak lurus sama Undang Undang. Kemarin kan terbukti demikian," kata Politikus PDI Perjuangan ini.

Meski demikian, ia tetap meminta Soni untuk memperhatikan beberapa hal dalam menjalankan pemerintahan di DKI Jakarta. Misalnya menjaga tingkat inflasi, monitoring musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang), operasi pasar, serta ground breaking beberapa proyek dan pengadaan lahan untuk kepentingan umum.

"Pengadaan lahan untuk kepentingan umum menjadi pekerjaan kritikal pemerintah provinsi sekaligus menjadi hangat dalam 1,5 bulan ke depan. Kalau untuk masalah pilkada-nya kan beliau paham betul. Beliau itu motor dan inspirator Kemendagri dalam pembentukan UU Pilkada. Jadi tahu harus berbuat apa, pastinya netral dan tidak berpihak," kata dia. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP