Zulkifli Hasan: Arus Bawah Partai Jadi Acuan Keputusan PAN

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ Rosa Panggabean.

VIVA.co.id – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat (PAN) Nasional, Zulkifli Hasan, mengungkapkan partainya akan mengambil keputusan mengacu aspirasi suara arus bawah partai. Namun, keputusan final akan ditentukan dalam rapat internal partai.

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

"Intinya final kami putuskan dalam rapat internal. Tapi, PAN melihat suara grassroot (arus bawah, red) yang menjadi acuan utama untuk tentukan dukungan," kata Zulkifli saat dihubungi VIVA.co.id, Senin malam, 6 Maret 2017.

Zulkifli menekankan suara arus bawah partai seperti dewan pengurus cabang (DPC) Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan menyatakan dukungan terhadap pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Hal ini ditambah ormas sayap partai yang juga menyatakan dukungan terhadap pasangan calon nomor urut tiga itu.

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

"Aspirasi itu besar dan mayoritas. Ini acuan kami untuk menentukan arah dukungan," lanjut Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu.

Terkait hal ini, dia menambahkan DPP juga akan menggelar rapat harian pada Rabu, lusa. Aspirasi suara dari berbagai pihak termasuk pengurus cabang dan konstituen akan jadi masukan dan dibahas.

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

"Ya, jadi Rabu, pengurus DPP PAN akan rapat. Semoga saya harap juga sudah ada keputusan," tuturnya.

Seperti diketahui, PAN merupakan salah satu parpol pengusung pasangan Agus Haimurti Yudhoyono-Sylviana Murni di Pilkada DKI. Namun, sejak Agus-Sylvi tersisih di putaran pertama, suara PAN belum bisa dipastikan untuk putaran dua yang digelar 19 April 2017 mendatang.

Ada dua pasangan yang bersaing dalam putaran dua Pilkada DKI yaitu petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat dengan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya