Pilkada Jawa Barat, PDIP Beri Sinyal untuk Ridwan Kamil

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dalam acara sekolah Kepala Daerah PDIP di Depok (30/8/2016).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Keinginan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil untuk bertarung dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat pada 2018, mendapat isyarat positif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh

"Komunikasi politik bisa dilakukan siapa saja," kata Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jawa Barat, Abdi Yuhana, Senin 6 Maret 2017,

Menurut Abdi, PDIP baru akan menggelar penjaringan calon untuk gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Jawa Barat 2018, pada pertengahan Mei 2017, dan akan dilakukan secara bertahap.

Polda Jabar Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi Mulai 6 April 2024

Pihaknya mengaku menampung figur mana pun yang hendak maju dalam Pilkada Jawa Barat 2018, dan keputusan tertinggi tetap tergantung kebijakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Semua calon bisa ikut jika memang ingin diusung partai ini dan kemudian diputuskan di DPP, itu lihat dari popularitas dan elektabilitas juga," katanya.

Giliran Pangandaran Digoyang Gempa, Terasa Sampai Banyumas dan Kebumen

Sebelumnya, Ridwan Kamil memang mengaku siap untuk berpartisipasi dalam Pilkada Jawa Barat 2018. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengaku belum memiliki partai yang akan mengusungnya.

Meski begitu, Emil tak menampik, jika telah melakukan komunikasi politik kepada PDIP dan sejumlah partai lain.

"Tapi belum ada yang konkret, itu artinya secara resmi. Nanti, kalau semua terkesan mendukung, padahal ternyata tidak ada hitam putih. Terus, saya ini kan nanti baper kalau bahas sekarang," kata Emil beberapa waktu lalu. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya