Pidato Lengkap Raja Salman di DPR

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud menyampaikan pidato singkatnya saat berkunjung ke Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Kamis 2 Maret 2017. Di awal pidatonya yang berbahasa Arab, Raja Salman menyampaikan penghargaan kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

"Seraya menyampaikan perasaan bahagia atas keberadaan saya bersama para hadirin sekalian," kata Raja Salman.

Raja Salman mengungkapkan kunjungan ini adalah kunjungan balasan atas kunjungan Presiden Jokowi ke Arab Saudi sebelumnya. Dia berharap saling berbalas kunjungan ini punya manfaat terhadap kedua negara.

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

"Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kerja sama di seluruh bidang, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua bangsa kita yang bersahabat," ujar sang Raja.

Dalam pidatonya, Raja Salman menyinggung soal tantangan yang dihadapi dunia dan umat Islam khususnya saat ini. Di antaranya yakni terorisme, benturan peradaban, dan tidak adanya penghormatan terhadap kedaulatan negara.

Wow, Raja Salman Sumbang 20 Ton Kurma dan 50 Alquran untuk Umat Muslim di Indonesia

"Tidak adanya penghormatan terhadap kedaulatan negara serta melakukan intervensi terhadap urusan dalam negeri telah mengharuskan kita untuk menyatukan barisan dalam menghadapi tantangan ini," kata Raja Salman.

Terakhir, Raja Salman menyampaikan apresiasinya kepada DPR yang berperan meningkatkan hubungan baik Saudi dengan RI. Dia juga turut mendoakan seluruh pihak agar mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

"Saya juga memberikan apresiasi atas penandatanganan sejumlah kesepakatan dan MoU antara kedua negara dalam kunjungan kali ini," katanya.

Berikut pidato lengkap Raja Salman yang telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia:

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam disampaikan kepada Rasulullah.

Yang mulia Bapak Ketua DPR RI

Saudara-saudariku yang terhormat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izinkan saya untuk mengawali sambutan saya ini dengan menyampaikan penghargaan kami yang setinggi-tingginya kepada pemerintah dan rakyat Indonesia yang bersahabat, atas keramahan dan sambutan hangat. Seraya menyampaikan perasaan bahagia atas keberadaan saya bersama para hadirin sekalian.

Sesungguhnya kunjungan ke negara yang mulia kali ini yang diawali dengan kunjungan serupa yang telah dilakukan oleh saudara saya yang mulia bapak Presiden ke Kerajaan Arab Saudi. Dan saling tukar menukar kunjungan antara pejabat tinggi di kedua negara ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kerja sama di seluruh bidang yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua bangsa kita yang bersahabat.

Para hadirin sekalian

Sesungguhnya tantangan yang kita hadapi, khususnya bagi umat Islam dan dunia secara umum, seperti fenomena terorisme, benturan peradaban, tidak adanya penghormatan terhadap kedaulatan negara, serta melakukan intervensi terhadap urusan dalam negeri telah mengharuskan kita untuk menyatukan barisan dalam menghadapi tantangan ini serta melakukan koordinasi dalam melakukan berbagai upaya dan sikap yang dapat memberikan manfaat bagi kepentingan kita bersama serta keamanan dan perdamaian dunia.

Penutup, saya ingin menyampaikan apresiasi atas peran Dewan yang terhormat dalam meningkatkan hubungan antara kedua negara kita yang bersahabat di seluruh bidang. Saya juga memberikan apresiasi atas penandatanganan sejumlah kesepakatan dan MoU antara kedua negara dalam kunjungan kali ini.

Saya berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, semoga senantiasa memberikan taufik dan ridho-nya kepada kita sekalian.
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya