TUTUP
TUTUP
POLITIK

PAN dan Koalisi Kekeluargaan

Koalisi kekeluargaan kembali dibahas jelang putaran kedua Pilkada DKI.
PAN dan Koalisi Kekeluargaan
Eko Patrio (ANTARA/Wahyu Putro A)

VIVA.co.id – Partai Amanat Nasional DPD DKI Jakarta membuka peluang kembalinya koalisi kekeluargaan yang terdiri dari Partai Gerindra, PDI Perjuangan, PKS, PAN, PKB, PPP dan Demokrat.

Ketua DPD PAN DKI Jakarta, Eko Patrio mengatakan, koalisi itu akan terealisasi jika empat partai pendukung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, yakni Demokrat, PAN, PKB dan PPP mengalihkan dukungan kepada Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

"Tidak menutup kemungkinan koalisi kekeluargaan yang awal-awal kami gaungkan, bisa terjadi lagi di putaran kedua ini," kata Eko di Kemang Village, Jakarta, Kamis 23 Februari 2017. 

Sebelumnya, tujuh partai tersebut ditambah PDIP Perjuangan sempat membentuk koalisi sebelum pertarungan di Pilkada DKI Jakarta dimulai. Saat itu, koalisi partai tersebut menantang petahana Basuki Tjahaja Purnama yang rencananya maju secara independen.

Namun, apabila nanti koalisi kekeluargaan itu kembali terjalin, dipastikan PDI Perjuangan tidak akan ada lagi di dalamnya, karena sudah menjadi partai pengusung Basuki Tjahja Purnama atau Ahok -Djarot Saiful Hidayat.

"Mudah-mudahan koalisi kekeluargaan benar-benar ini bisa jadi bagian dan menghantarkan cagub-cawagub yang terbaik," kata dia.

Kendati demikian, kata dia, DPW dan DPP PAN saat ini tengah melakukan evaluasi di internal. Komunikasi dengan tiga partai pengusung Agus-Sylvi lainnya juga terus dibangun. 

"Dalam rangka evaluasi itulah kami nanti, PAN, memutuskan mencalonkan siapa nantinya. Keputusannya mungkin di awal-awal Maret lah," kata Eko.

Sebelumnya, PAN merupakan pendukung pasangan calon Agus- Sylvi. Pasangan calon nomor urut satu tersebut telah mengakui kekalahannya secara terbuka, pasca beberapa hasil hitung cepat, menempatkannya di posisi buncit. Pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan- Sandiaga Uno lolos ke putaran kedua. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP