DPR Diminta Segera Uji Calon Komisioner KPU-Bawaslu

Rapat Koordinasi KPU Pusat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Pemerintah telah menyerahkan nama calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk diuji kepatutan dan kelayakan.

Fahri Hamzah: KPU Harus Netral

Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Fadli Ramadhanil meminta, pemerintah segera mendorong DPR untuk segera melakukan uji kepatutan dan kelayakan mengingat masa jabatan komisioner KPU Pusat dan Bawaslu akan berakhir pada tanggal 12 April 2017.

"Sesuai peraturan fit and proper test harus dilakukan 30 hari setelah surat Presiden disampaikan ke DPR," kata Fadli di Kawasan Menteng, Jakarta, Kamis 23 Februari 2017.

Kenapa Ada Daftar Pemilih Ganda, Ini yang Ditemukan KPU

Fadli khawatir, jika proses uji kelayakan calon komisioner KPU dan Bawaslu akan terlambat mengingat mulai besok, DPR akan memasuki masa reses hingga pertengahan Maret 2017 mendatang.

"Ini sangat sempit melihat masa berakhir komisioner 12 April mendatang. Kami berharap setelah masa reses usai langung dibahas," ujarnya.

Polemik KPU-Bawaslu Pertaruhkan Kepercayaan Masyarakat

Agar uji kelayakan calon komisioner KPU dan Bawaslu bia dilakukan dengan segera, pemerintah diminta mengingatkan DPR. "Intervensi dilakukan dengan meminta partai pendukung pemerintah mendorong percepatan fit and proper test," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Tim Seleksi anggota KPU dan Bawaslu telah menghasilkan 14 nama calon komisioner KPU serta 10 nama calon komisioner Bawaslu yang sudah diseleksi. Nama-nama tersebut telah disampaikan kepada Presiden Jokowi kemudian diserahkan ke DPR untuk proses uji kepatutan dan kelayakan.

Nama nama calon Anggota KPU pusat adalah:

1. Amus Atkana
2. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
3. Ilham Saputra
4. Evi Novida Ginting Manik
5. Ferry Kurnia Rizkiyansyah
6. Ida Budhiati
7. Wahyu Setiawan
8. Sri Budi Eko Wardani
9. Pramono Ubaid Tanthowi
10. Yesst Y Momongan
11. Hasyim Asy'ari
12. Arief Budiman
13. Viryan
14. Sigit Pamungkas.

Nama Calon Anggota Bawaslu adalah:

1. Ratna Wewi Petalolo
2. Mohamad Najib
3. Abhan
4. Sri Wahyu Araningsih
5. Fritz Edward Siregar
6. Syafrida Rachmawati Rasahan
7. Mochammad Afifudin
8. Herwin Jefier Hielsa Malonda
9. Abdullah
10. Rahmad Bagja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya