TUTUP
TUTUP
POLITIK

Pengamat Ragukan Partai Pendukung Agus-Silvy

Partai-partai itu tidak terlalu signifikan menjadi magnet elektoral.
Pengamat Ragukan Partai Pendukung Agus-Silvy
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono hadiri kampanye sekaligus Apel Siaga Partai Pendukung Agus-Sylvi, beberapa waktu lalu. (VIVA.co.id/ Edwien Firdaus)

VIVA.co.id – Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai partai-partai pendukung Agus Harimurti Yudhoyono tidak akan terlalu efektif membawa konstituennya ke calon yang mereka dukung di putaran kedua Pilgub DKI Jakarta 2017. Sehingga tidak akan terlalu berpengaruh besar bagi peningkatan suara Basuki Tjahaja Purnama atau Anies Baswedan.

"Saya meragukan kemampuan mesin partai PPP, dan PAN menarik elektoral (suara), sehingga bisa menjadi suntikan elektoral baik Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok maupun Anies Baswedan," kata Pangi ketika dihubungi VIVA.co.id, Rabu 22 Februari 2017.

Pangi menunjukan bukti bahwa partai-partai itu tidak terlalu signifikan menjadi magnet elektoral di putaran pertama, sehingga bisa meningkatkan bobot elektoral Agus-Sylviana Murni.

"Faktor kapasitas, narasi dan track record figur jauh lebih punya efek dibandingkan suntikan kekuatan parpol," ujar Pangi. Namun Pangi menilai PKB akan menjadi rebutan bagi Ahok maupun Anies, karena limpahan suara dari akar rumput NU-nya. Terutama Ahok, kata Pangi, yang akan coba ngotot untuk menggaet PKB sebagai pendukungnya.

"Saya kira PKB akan menjadi incaran dan seksi bagi Ahok. Bagaimana pun Ahok akan menarik PKB menjadi parpol pengusungnya," kata Pangi.

Seperti diketahui, usai kekalahan Agus-Sylvi di putaran pertama, suara partai pendukungnya yakni Demokrat, PPP, PAN dan PKB diyakini akan dialihkan ke dua calon lainnya di putaran kedua. Namun hingga kini mereka belum menyatakan dukungannya itu.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP