Pengamat Ragukan Partai Pendukung Agus-Silvy

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono hadiri kampanye sekaligus Apel Siaga Partai Pendukung Agus-Sylvi, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Edwien Firdaus

VIVA.co.id – Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai partai-partai pendukung Agus Harimurti Yudhoyono tidak akan terlalu efektif membawa konstituennya ke calon yang mereka dukung di putaran kedua Pilgub DKI Jakarta 2017. Sehingga tidak akan terlalu berpengaruh besar bagi peningkatan suara Basuki Tjahaja Purnama atau Anies Baswedan.

Diusulkan PKB Sebagai Bakal Cagub DKI Jakarta, Ida Fauziyah: Belum Dilantik Jadi DPR Nih

"Saya meragukan kemampuan mesin partai PPP, dan PAN menarik elektoral (suara), sehingga bisa menjadi suntikan elektoral baik Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok maupun Anies Baswedan," kata Pangi ketika dihubungi VIVA.co.id, Rabu 22 Februari 2017.

Pangi menunjukan bukti bahwa partai-partai itu tidak terlalu signifikan menjadi magnet elektoral di putaran pertama, sehingga bisa meningkatkan bobot elektoral Agus-Sylviana Murni.

DPR dan Pemerintah Sepakat Pilkada Jakarta Satu Putaran di RUU DKJ

"Faktor kapasitas, narasi dan track record figur jauh lebih punya efek dibandingkan suntikan kekuatan parpol," ujar Pangi. Namun Pangi menilai PKB akan menjadi rebutan bagi Ahok maupun Anies, karena limpahan suara dari akar rumput NU-nya. Terutama Ahok, kata Pangi, yang akan coba ngotot untuk menggaet PKB sebagai pendukungnya.

"Saya kira PKB akan menjadi incaran dan seksi bagi Ahok. Bagaimana pun Ahok akan menarik PKB menjadi parpol pengusungnya," kata Pangi.

Pakar: Kalau Keajaiban Pilpres Tak Terjadi, Anies akan Jadi Prioritas di Pilgub DKI

Seperti diketahui, usai kekalahan Agus-Sylvi di putaran pertama, suara partai pendukungnya yakni Demokrat, PPP, PAN dan PKB diyakini akan dialihkan ke dua calon lainnya di putaran kedua. Namun hingga kini mereka belum menyatakan dukungannya itu.

Sekjen PAN Eddy Soeparno.

PAN Pede Punya Eko Patrio hingga Zita Anjani, Siap Tarung di Pilkada DKI Jakarta

Sekjen PAN mengungkapkan, partainya tidak kekurangan kader potensial yang siap maju Pilkada Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024