Jokowi: Kunci Demokrasi Kebablasan adalah Penegakan Hukum

Presiden Joko Widodo menghadiri pengukuhan pengurus Partai Hanura 2016-2020 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Rabu, 22 Februari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo meminta aparat penegak hukum untuk tidak ragu melakukan penegakan hukum. Hal itu dinyatakan Presiden Jokowi dalam sambutannya di acara pengukuhan pengurus DPP Hanura 2016-2020 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Rabu 22 Februari 2017.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Presiden merujuk kondisi yang terjadi dalam empat hingga lima bulan belakangan di Indonesia. Dia mengingatkan, di tengah isu dan masalah bangsa, Indonesia masih bersatu.  

"Dan dalam 4 hingga 5 bulan mengingatkan kita betapa banyak yang masih harus diperbaiki, terutama dalam memahami konsep nilai-nilai kebangsaan yang semua rakyat harus tahu betul betapa kita sangat beraneka ragam, sangat majemuk," kata Jokowi 

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Demokrasi yang berkembang saat ini menurut Presiden Jokowi memang sudah kebablasan. Munculnya aliran-aliran ekstremis hingga ujaran kebencian, saling hujat dan fitnah, terus berkembang. Oleh karena itu, penegakan hukum harus dijalankan dengan optimal.

Kalau tidak diatasi, Presiden Jokowi khawatir akan mengarah pada upaya memecah-belah bangsa. Untuk itu, Jokowi mengatakan kunci dari semua masalah tersebut adalah pada penegakan hukum.

Respons Istana soal Jokowi Disebut-sebut dalam Sidang Sengketa Pemilu di MK

"Kuncinya dalam demokrasi yang kebablasan adalah penegakan hukum. Aparat hukum harus tegas tidak perlu ragu," kata Jokowi. (ase)

Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 28 Maret 2024. Namun, ada beberapa

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024