Anies Kembali Kritik Ahok

Anies Baswedan, mendatangi lokasi banjir di Jalan Bina Warga, Rawajati, Jakarta
Sumber :
  • Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Rencana Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang jika terpilih akan membuat program rumah down payment nol persen bagi warga miskin Jakarta, terus menuai kritikan. Banyak yang mempertanyakan, sekaligus membantah program itu.

PP Properti Sulap Area Laguna Jadi Hunian Modern, DP Nol Persen

Menurutnya, program tersebut direncanakan, guna meringankan warga untuk memiliki rumah sendiri, dengan DP nol persen.

Namun, pengkritik Anies terus mem-bully-nya, dengan mengingatkan berbagai aturan. Ia lalu membandingkan bahwa program kerja petahana juga banyak yang melanggar aturan.

Daftar Hunian LRT City yang Promo DP Nol Persen Cicilan Rp3 Jutaan

"Gini loh, kalau untuk kepentingan rakyat, mendadak Pak Basuki dan pendukungnya menjadi sulit melakukan terobosan. Kalau untuk menggusur rakyat, aturan diterabas," kata Anies di Cakung, Jakarta Timur, Selasa 21 Februari 2017.

Ia mempertanyakan, kenapa, ketika program Anies-Sandi untuk menyejahterakan rakyat, aturan menjadi di nomor satukan. Seharusnya, aturan yang sudah ada disesuaikan saja.

Pemrov DKI Buka-bukaan soal Naikan Batas Gaji Pembeli Rumah DP 0%

"Filosofi kita malah begitu, aturan disesuaikan, demi kesejahteraan rakyat. Kenapa kalau reklamasi diterabas? Kenapa, kalau menggusur aturan diterabas? Tetapi, kenapa ketika ngomong rakyat punya rumah, justru pegangannya aturan," kata Anies.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengingatkan kembali aturan terkait uang muka perumahan. Dalam salah satu beleid aturan Loan to Value, uang muka rumah ditetapkan minimal 15 persen. Di bawah angka itu, tentu menyalahi aturan tersebut. (asp)

Ilustrasi perumahan.

Tinggal Klik, Prajurit TNI AD Bisa KPR Rumah DP 0% hingga Bunga Ringan

BTN dan TNI AD luncurkan aplikasi khusus untuk para prajurit yang ingin mengajukan KPR. DP 0% hingga bunga ringan pun ditawarkan.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2021