Pesan Politikus Demokrat ke Fraksi-fraksi Kontra Angket Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Pool/Ramdani

VIVA.co.id – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat Didik Mukrianto mengatakan pihaknya menghargai Fraksi NasDem, Hanura, Golkar dan PDIP yang tidak mendukung usulan hak angket terkait pengangkatan kembali Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Gubernur Jakarta. Namun usulan angket kata dia, tetap harus ditindaklanjuti.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

"Kami ingin mekanisme hak angket ini tetap jalan. Kami uji biar publik terbuka biar dugaan pelanggaran Undang Undang ini bisa dibuka sepenuhnya," kata Didik di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 21 Februari 2017.

Namun jika para parpol yang kontra dengan angket ini kata dia, membuat angket terhambat, Didik mengatakan curiga ada kekhawatiran di fraksi-fraksi itu.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

"Tentu kita bisa menyadari bahwa parpol lain itu takut dengan substansi apa yang kami ajukan," ujar Didik.

Ketua DPP Partai Demokrat ini menegaskan, usulan angket telah memenuhi syarat awal. Menurut dia seharusnya usulan angket bisa segera ditindaklanjuti untuk diparipurnakan.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

"Usulan sudah, syarat sudah terpenuhi, tinggal pimpinan DPR rapat akan memanggil fraksi-fraksi untuk mengagendakan dalam Sidang Paripurna," kata Didik. (adi)

Sebelumnya, Ketua DPR Setya Novanto menilai proses usulan angket ini tidak perlu dilakukan terburu-buru. Setya Novanto mengaku masih ingin memastikan status hukum Ahok terlebih dahulu.

"Kalau hak angket ini saya rasa kita tidak perlu tergesa-gesa, kita perlu melihat beberapa hal," kata Setya Novanto yang juga Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya