Pengadaan Helikopter AW 101 Sudah Sesuai Renstra

Kontroversi, Helikopter AW 101 Sudah Tiba di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Widodo S. Jusuf/Pool

VIVA.co.id – Dewan Penasihat National Air Power and Space Centre of Indonesia, Connie Rahkundini Bakrie, menilai pembelian Helikopter AW 101 sudah sesuai dengan kebutuhan TNI Angkatan Udara (AU).

Helikopter Model A139 Jatuh Saat Latihan! 4 Orang Selamat, Ini Kronologinya

"Soal AW, semuanya sudah sesuai dengan rencana strategis (Renstra). Saya dari awal berbeda sendiri, prosedur pengadaan sudah sesuai dari mau anggarannya turun. Dari mulai anggaran VVIP sampai ke anggaran helikopter angkut," ujar Connie di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu 19 Februari 2017.

Menurutnya, polemik helikopter AW terjadi lantaran pejabat kurang memahami helikopter seperti apa yang saat ini dibutuhkan di Indonesia. 

Mengenal Helikopter Canggih Milik TNI AD yang Dijuluki Buaya Terbang

"Keributan dikarenakan Menhan dan DN Pejabat lainnya meyakini Indonesia bisa membuat helikopter. Indonesia tidak bisa buat helikopter," kata dia.

Ia pun menduga ada persaingan di bidang industri pertahanan. Sehingga, kedatangan helikopter AW 101 langsung menjadi perdebatan.

Helikopter Perusahaan Tambang Nikel Ditemukan Jatuh di Hutan Halmahera, 3 Orang Tewas

"Yang jelas itu perang industri pertahanan dengan menggunakan petinggi kita. Saya enggak tahu siapa dipakai siapa. Mengapa ini dibiarkan terjadi, karena yang penting sekarang bukan masalah satu AW. AW itu udah selamat, satu itu sudah terbang, geser ke Lanud Atangsanjaya, yang saya permasalahkan kalau sekarang yang 8 unit lainnya, itu harus jadi. Kalau jadi 7 tahun lagi kita akan mempunyai heli buatan sendiri," kata dia. (one)

Lokasi ditemukannya puing puing pesawat PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang jatuh dan terlihat api seperti api unggun di Binuang, Kalimantan Utara, Sabtu, 9 Maret 2024.

Tim SAR Temukan Puing-puing Pesawat Smart Aviation, Terlihat Api Unggun di Sekitar Lokasi

Tim SAR gabungan menggunakan pesawat udara menemukan puing-puing pesawat PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang jatuh di Binuang, Kalimantan Utara.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2024