Pengamat Nilai Pembelian Helikopter AW 101 Sudah Tepat

Kontroversi Helikopter AW 101
Sumber :
  • VIVA.co.id/Widodo S. Jusuf/Pool

VIVA.co.id – Helikopter AgustaWestland AW 101 sudah mendarat di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta. Meski demikian, proses pembeliannya sempat menjadi polemik, lantaran tidak pernah ada yang merasa memesan.

Helikopter Model A139 Jatuh Saat Latihan! 4 Orang Selamat, Ini Kronologinya

Analisis pertahanan Connie Rahakundini Bakrie mengatakan, keputusan untuk membeli helikopter AW 101 harus dilihat dengan cermat.

"Keberanian serta sikap tegas KASAU dalam memilih AW 101,  kiranya menjadi sesuatu yang harus dicermati dan dihargai dalam konteks pembangunan Industri pertahanan (INDHAN) yang jujur dan bertanggung jawab berbasis quadraplehelix," ujarnya dalam diskusi 'Alutsista Indonesia: Decision to Buy and Offset Requirement' di Cikini, Minggu 19 Februari 2017.

Mengenal Helikopter Canggih Milik TNI AD yang Dijuluki Buaya Terbang

Langkah tersebut, menurut Connie, menjadi penting lantaran ini mendukung paradigma Indonesia baru sebagai Poros Maritim Dunia (PMD) di mana TNI AL dan TNI AU harus memanggul tugas utama yang semakin kompleks dan berat

"Terutama mengingat militer sebagai pengguna utama alutsista adalah elemen terpenting dalam rangka mewujudkan pembangunan sistem berikut gelar dan kesiapan akan pertahanan negara poros maritim sekaligus poros dirgantara dunia yang sangat strategis," kata dia. (one)

Helikopter Perusahaan Tambang Nikel Ditemukan Jatuh di Hutan Halmahera, 3 Orang Tewas
Lokasi ditemukannya puing puing pesawat PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang jatuh dan terlihat api seperti api unggun di Binuang, Kalimantan Utara, Sabtu, 9 Maret 2024.

Tim SAR Temukan Puing-puing Pesawat Smart Aviation, Terlihat Api Unggun di Sekitar Lokasi

Tim SAR gabungan menggunakan pesawat udara menemukan puing-puing pesawat PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang jatuh di Binuang, Kalimantan Utara.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2024