Gerindra: Penguasa akan Tekan Partai Pengusung Agus-Sylvi

Koalisi Cikeas saat menggelar konferensi pers.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono, menilai partai-partai pengusung Agus Yudhoyono-Sylviana Murni akan mendapat tekanan dari penguasa. Apalagi, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Amanat Nasional merupakan partai pendukung pemerintahan Jokowi.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Akan berusaha dengan segala cara, dengan menggunakan kekuasaannya untuk bisa menekan para ketua umum parpol pengusung AHY-Sylvi agar memberikan dukungan pada Basuki-Djarot," kata Arief, kepada VIVA.co.id, Minggu 19 Februari 2017.

Meski demikian, Arief yakin parpol pengusung AHY itu tidak akan bisa ditekan oleh penguasa. Sehingga ia percaya pada putaran kedua nanti mereka akan mendukung Anies-Sandiaga.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Kami selain dari parpol pengusung AHY juga mengajak bagi masyarakat Jakarta yang tidak memberikan hak suaranya di TPS agar pada putaran kedua jangan golput. Dan saatnya Jakarta punya pemimpin yang santun, manusiawi, dan bersih dari korupsi," katanya.

Arief menuturkan bahwa PAN, PKB dan PPP memiliki kesamaan visi dan misi dengan Anies-Sandiaga dan partai-partai pengusung seperti Gerindra dan PKS. Bahwa mayoritas masyarakat Jakarta, hampir 60 persen, menginginkan perubahan kepemimpinan di Jakarta agar tidak lagi dipimpin oleh Ahok dan Djarot.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

"Anies dan Sandiaga sudah menjalin komunikasi yang baik dengan AHY," tutur dia.

Seperti diketahui, Pilkada DKI Jakarta kemungkinan besar akan dilaksanakan dua putaran. Alasannya, berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei dan real count KPU, dari tiga pasangan calon yang berkompetisi, tidak ada yang meraih suara lebih dari 50 persen.

Ahok-Djarot dan Anies-Sandiaga berada pada urutan pertama dan kedua. Sedangkan Agus-Sylvi terlempar dari persaingan karena memperoleh suara paling sedikit. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya