TUTUP
TUTUP
POLITIK

Putaran Kedua, PAN Dukung Anies-Sandiaga

"PAN enggak mungkin dukung Ahok," Ketua DPP PAN Yandri menegaskan.
Putaran Kedua, PAN Dukung Anies-Sandiaga
Yandri Susanto (PAN) (Antara/ Prasetyo Utomo)

VIVA.co.id - Hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta 2017 memperlihatkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno melaju ke putaran dua. Lalu, bagaimana sikap partai pendukung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni?

"PAN ke paslon nomor tiga, Anies-Sandi," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto saat dikonfirmasi, Kamis, 16 Februari 2017.

Wakil Ketua Komis II DPR ini mengungkapkan telah ada kesepakatan awal bahwa PAN tidak akan bisa mendukung Basuki alias Ahok. Karena itu, secara otomatis mereka akan mendukung Anies-Sandi di putaran kedua.

"Sudah ada kesepakatan kami dari awal Pilkada Jakarta, PAN mencari pesaing Ahok. PAN enggak mungkin dukung Ahok, karena karakter dan etika Ahok tidak sesuai dengan PAN," kata dia.

Menurut Yandri, sikap resmi dukungan kepada Anies itu akan segera diberitahukan. "Insya Allah dalam waktu dekat," kata Yandri.

Sebelumnya, pengamat politik Universitas Negeri Jakarta, Ubedilah Badrun, memprediksi pada putaran kedua Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, ada sekitar 75 persen dari perolehan suara Agus-Sylvi yang berpotensi pindah ke pasangan calon nomor urut tiga, Anies-Sandi.

Dia menilai, faktor tersebut terjadi karena calon nomor satu sering berhadap-hadapan secara diametral dengan calon nomor dua, Ahok-Djarot. Sementara, dengan calon nomor tiga hampir tidak ada saling serang.

"Faktor lainnya adalah secara sosiologis politik. Kultur politik pemilih Agus-Sylvi lebih dekat dengan kultur politik pemilih Anies-Sandi. Jika ini yang terjadi, maka pasangan Anies-Sandi kemungkinan memenangkan pilkada DKI 2017," kata Ubedilah. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP