Putaran Kedua, PAN Dukung Anies-Sandiaga

Yandri Susanto (PAN)
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta 2017 memperlihatkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno melaju ke putaran dua. Lalu, bagaimana sikap partai pendukung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni?

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"PAN ke paslon nomor tiga, Anies-Sandi," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto saat dikonfirmasi, Kamis, 16 Februari 2017.

Wakil Ketua Komis II DPR ini mengungkapkan telah ada kesepakatan awal bahwa PAN tidak akan bisa mendukung Basuki alias Ahok. Karena itu, secara otomatis mereka akan mendukung Anies-Sandi di putaran kedua.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Sudah ada kesepakatan kami dari awal Pilkada Jakarta, PAN mencari pesaing Ahok. PAN enggak mungkin dukung Ahok, karena karakter dan etika Ahok tidak sesuai dengan PAN," kata dia.

Menurut Yandri, sikap resmi dukungan kepada Anies itu akan segera diberitahukan. "Insya Allah dalam waktu dekat," kata Yandri.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Sebelumnya, pengamat politik Universitas Negeri Jakarta, Ubedilah Badrun, memprediksi pada putaran kedua Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, ada sekitar 75 persen dari perolehan suara Agus-Sylvi yang berpotensi pindah ke pasangan calon nomor urut tiga, Anies-Sandi.

Dia menilai, faktor tersebut terjadi karena calon nomor satu sering berhadap-hadapan secara diametral dengan calon nomor dua, Ahok-Djarot. Sementara, dengan calon nomor tiga hampir tidak ada saling serang.

"Faktor lainnya adalah secara sosiologis politik. Kultur politik pemilih Agus-Sylvi lebih dekat dengan kultur politik pemilih Anies-Sandi. Jika ini yang terjadi, maka pasangan Anies-Sandi kemungkinan memenangkan pilkada DKI 2017," kata Ubedilah. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya