KPU DKI Siap Bila Pilkada Harus Ada Putaran Kedua

Ilustrasi suasana saat Pilkada Serentak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta (KPU DKI) menyatakan kesiapannya apabila masa Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta tidak akan selesai pada satu putaran, dan harus berlanjut pada April 2017 mendatang. Berbagai mekanisme pun, saat ini sudah mulai dipikirkan untuk putaran kedua Pilkada DKI 2017.

KPUD DKI Tetapkan Hasil Pileg 2019, PDIP Raih Kursi Terbanyak

Ketua Komisioner KPU DKI, Sumarno, mengungkapkan, pada putaran kedua, akan ada mekanisme yang berbeda yang diterapkan bagi masing-masing pasangan calon. Mulai dari sisi kampanye tiap pasangan calon, sampai dengan sejumlah hal lainnya yang menyangkut beberapa poin.

"Tentu berbeda. Misalnya tidak perlu ada pendataan pemilih, tidak perlu pengangkatan petugas baru, kampanye juga tidak seperti tahapan pertama seperti blusukan, rapat umum. Atau penajaman visi dan misi," kata Sumarno ketika dikonfirmasi, Rabu malam, 15 Februari 2017.

KPU DKI Jawab Laporan BPN-DPD Gerindra soal DPT, Berikut Lengkapnya

Disinggung mengenai biaya yang bakal digelontorkan, Sumarno mengatakan, secara keseluruhan, biaya termasuk putaran kedua mencapai Rp472 miliar. Sementara mengenai jadwal putaran kedua, saat ini sudah ada di website KPUD.

"Sudah ada jadwalnya. Tidak ada perubahan," katanya.

Tujuh Komisioner KPU DKI Jakarta Dipolisikan

Sebagai informasi, Lembaga survei Indikator Politik Indonesia sudah menyelesaikan penghitungan cepat pada Pilkada DKI Jakarta. Data yang sudah masuk mencapai 100 persen.

Hasilnya, pasangan calon nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat memperoleh suara sebanyak 43,16 persen. Posisi kedua ditempati oleh pasangan calon nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, dengan 39,56 persen, lalu terakhir pasangan calon nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni 17,28 persen. (ren)

Ketua DPD Golkar Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar.

Golkar Ngotot Ajukan Kader Internal di Pilgub Jakarta 2024

Pengurus DPD Golkar Jakarta baru akan persiapkan kader internal maju.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2020