TUTUP
TUTUP
POLITIK

Pekerja di DKI Diberi Kemudahan Coblos di TPS Terdekat

Syaratnya mencoblos satu jam sebelum TPS ditutup.
Pekerja di DKI Diberi Kemudahan Coblos di TPS Terdekat
Surat suara Pilkada Jakarta. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

VIVA.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno, tengah mempertimbangkan hak pilih bagi pekerja untuk memberikan suara di tempat masing-masing bekerja pada Rabu, 15 Februari 2017.

Para pekerja masih bisa melakukan pencoblosan asalkan menyertakan dokumen administratif kependudukan dan terdaftar sebagai pemilih tetap untuk disertakan ke TPS terdekat dari lokasi tempat kerja.

"Dengan menunjukkan KTP elektronik atau surat keterangan kependudukan bahwa yang bersangkutan sudah melakukan verifikasi," kata Sumarno di Kantor KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Selasa 14 Februari 2017.

Aturan sebelumnya mengatakan bahwa surat keterangan pindah pemilih (SKPP) dapat diperoleh pada tenggat tiga hari sebelum pemungutan suara. Namun, peraturan itu akan dilonggarkan untuk memberikan keleluasaan bagi pekerja yang belum mengurus SKPP atau mengisi formulir A 5.

Tahapannya adalah warga meminta surat persetujuan dahulu ke panitia pemungutan suara setempat, kemudian akan diberikan surat keterangan pindah pemilih.

"Di TPS (sesuai KTP) akan dicoret, sehingga tidak ada pemilih ganda dan mereka bisa memilih di TPS yang dituju," ujarnya.

Kendati demikian, Sumarno mengingatkan, ada waktu tertentu yang disyaratkan bagi pemilih yang memiliki surat dengan keterangan pindah pemilih. TPS dibuka pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. Pemilih dengan SKPP baru bisa mencoblos satu jam sebelum TPS ditutup.

"Mereka bisa melakukan hak pilih pada satu jam terakhir," ujarnya. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP