PP Muhammadiyah Minta Pilkada Tak Dikaitkan dengan Al Maidah

Ilustrasi/Penyelenggaraan pilkada serentak 2018
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Pemilihan Kepala Daerah, atau Pilkada 2017 segera melalui tahap pencoblosan pada Rabu 15 Februari 2017 secara serentak. Dari itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah meminta kepada para hak pilih, khususnya warga persyarikatan Muhammadiyah untuk tidak mengaitkannya dengan surat Al Maidah.

Menteri Muhadjir: Idul Fitri Tahun Ini Hampir Bisa Dipastikan Jatuh pada 10 April

Menurutnya, dalam konteks dakwah perjuangan islam itu ada akhlak mulia. Sehingga, tak perlu adanya pengaitan antara Pilkada dengan surat Al Maidah.

Sebab, sebagai warga negara yang memiliki banyak suku, agama, dan antargolongan, harus adanya saling menghargai. Karena, setiap orang memiliki pilihan politiknya masing-masing.

Muhammadiyah Dorong MK Bekerja Lebih Profesional Adili Sengketa Pemilu

"Di sini sudah jelas. Kami mengimbau bahwa warga (persyarikatan Muhammadiyah) untuk menggunakan hak pilihnya dengan memilih kandidat yang berakhlak mulia, amanah, jujur, bersih, kompeten, dekat dengan rakyat, dan peduli terhadap dakwah, serta perjuangan umat islam sendiri," kata Haedar di Jakarta Pusat, Senin 13 Februari 2017.

Haedar mengatakan, dalam demokrasi, dasar pilihan politik berdasarkan agama adalah sah. "Sejauh itu dilakukan dengan konstitusi dan dengan cara sebagaimana mestinya," kata Haedar.

Polisi Amankan Bocah Pemicu Kebakaran Bekasi, Lebaran Muhammadiyah Diprediksi Sama dengan Pemerintah

Lanjut Haedar, tidak ada pesan khusus untuk warga Jakarta dalam Pilkada 2017. Ia hanya mengatakan, tetap menggunakan hak pilih setiap warga dengan sebaik-baiknya. (sap)

Tim pencak silat seni beregu Indonesia di SEA Games 2021

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Pencak silat, seni bela diri warisan budaya Indonesia, telah mendunia. Keindahan gerakannya yang menawan dan filosofi yang terkandung di dalamnya menarik perhatian orang.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024