Agus-Sylvi Habiskan Dana Kampanye Hampir Rp68 Miliar

Agus - Sylvi Hadiri Istigasah akbar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni menyampaikan telah menggelontorkan dana kampanye sekitar Rp68 miliar.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Kami menyerahkan laporan jumlah sumbangan dan pengeluaran. Total sumbangan yang kami terima itu 68 miliar Rupiah sekian. Dan pengeluaran juga 68 miliar Rupiah sekian," kata Bendahara Umum Tim Pemenangan Agus-Sylvi, Gatot Suwondo di KPUD DKI Jakarta Pusat pada Minggu, 12 Februari 2017.

Gatot merinci, pengeluaran tersebut digunakan antara lain untuk keperluan sejumlah pertemuan dan berbagai alat peraga yang digunakan untuk berkampanye.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Menurutnya, 41 persen pengeluaran itu terpakai untuk pertemuan-pertemuan, baik tatap muka secara khusus, terbatas atau pertemuan umum hingga rapat akbar.

"Kemudian untuk biaya yang keluar untuk peragaan spanduk, kaus dan sebagainya itu sebesar 16 miliar Rupiah. Kami orientasikan 24 persen dari total pengeluaran," kata Gatot.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Sementara biaya operasi kampanye disebutkan juga ada pada setiap minggunya sekitar Rp3,5 miliar.
"Jadi totalnya itu 68 miliar 954 juta Rupiah," kata dia.

Sisa saldo yang masih dimiliki tim pemenangan Agus-Sylvi, masih menyimpan sekitar Rp14 juta. Berdasarkan ketentuan KPUD, uang tersebut akan menjadi milik pasangan calon.

"Saldo yang terakhir ada itu di rekening bank. Itu kurang lebih Rp1 juta dan di cash-nya itu sekitar Rp14 jutaan, sisanya," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI membatasi waktu bagi seluruh tim pasangan calon Pilkada DKI untuk melaporkan total pengeluaran dana yang digunakan selama masa kampanye hari ini hingga pukul 18.00 WIB. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya