TUTUP
TUTUP
POLITIK

Gerindra Setuju PDIP Klarifikasi Tuduhan PKI

Sebelumnya, PDIP mengeluarkan surat edaran ke para kadernya.
Gerindra Setuju PDIP Klarifikasi Tuduhan PKI
Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad (tengah). Menurut Dasco, Gerindra setuju PDIP mengklarifikasi tuduhan PKI. (Lilis Khalisotussurur/ VIVA.co.id)

VIVA.co.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengeluarkan surat edaran kepada seluruh kadernya. Surat itu untuk menanggapi dinamika sosial politik yang terjadi saat ini.

Dalam surat tertanggal 2 Februari itu, PDIP melihat ada sejumlah pihak yang melakukan propaganda mengait-ngaitkan PDIP dengan Partai Komunis Indonesia dan juga ajaran komunisme.

Terkait itu, Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad pun angkat bicara. Ia mendukung langkah PDIP mengeluarkan surat edaran tersebut, membantah tuduhan yang beredar.

"Saya setuju tindakan Bu Megawati (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri) yang memerintahkan jajaran di bawahnya, mensosialisasikn PDIP bukan PKI," ujar Dasco melalui pesan singkat, Jumat 3 Februari 2017.

Sebab, kata Dasco, dugaan kekisruhan belakangan ini yang terjadi di dalam negeri didalangi oleh PKI. Seperti banyaknya upaya memunculkan rasa saling curiga maupun upaya memantik rasa permusuhan antar umat beragama yang dikaitkan dengan PDIP jelas tak berdasar.

"Saya enggak setuju situasi sekarang dikendalikan PKI yang dikaitkan dengan PDIP," ujar anggota Komisi III tersebut.

Isi surat yang ditandatangani oleh Ketua Umum Megawati Sukarnoputri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristianto itu sebagai berikut:

Pertama, PDI Perjuangan adalah partai politik yang berasaskan Pancasila sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945 sesuai dengan jiwa dan semangat lahirnya 1 Juni 1945 (Pasal 5 ayat (1) Anggaran Dasar Partai).

Kedua, seluruh kader PDIP di seluruh tingkatan juga disebut wajib untuk menerima, memahami dan melaksanakan sebagaimana termaktub dalam poin di atas.

Ketiga, PDI Perjuangan tidak memiliki kaitan apa pun dengan PKI maupun ajaran komunisme, karena PDI Perjuangan sebagai partai nasionalis yang menjunjung dan melaksanakan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, demokrasi dan keadilan sosial yang terkandung dalam Pancasila.

Keempat, seluruh kader juga diminta untuk melaksanakan nilai-nilai Pancasila tersebut dalam praktek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mereka juga diminta disosialisasikan ke masyarakat.

Kelima, menginstruksikan kepada seluruh anggota, kader dan pengurus PDI Perjuangan di seluruh Indonesia untuk dapat mensosialisasikan penjelasan resmi DPP Partai ini kepada semua pihak dengan sebaik-baiknya serta tetap menjaga situasi dan kondisi yang kondusif bagi terciptanya rasa dan semangat persaudaraan kebangsaan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cinta bersama ini. (hd)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP