Jokowi Tidak Menyuruh Luhut ke Rumah Kyai Ma'ruf

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Kemaritiman, mengklarifikasi perihal kehadirannya dalam pertemuan di rumah Ma'ruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dia menjelaskan kapasitasnya dalam pertemuan itu kepada Juru Bicara Presiden, Johan Budi Sapto Pribowo.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

"Tadi pagi saya dikasih tahu Pak Luhut, Pak Luhut kenal dengan Pak Kiai Ma'ruf Amin, itu jawabannya. Jadi, tidak perlu dipersepsikan terlalu lebar," kata Johan saat ditemui di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, pada Kamis 2 Februari 2017.

Sama seperti dalam keterangan pers Luhut, Johan juga mengatakan kehadiran Luhut bukan sebagai menteri. Luhut sebagai pribadi, yang mengaku mengenal baik Ma'ruf Amin dan Nahdlatul Ulama (NU). Dia mengibaratkan diri sebagai Juru Bicara Presiden yang bisa mengenal siapa pun dan tak pula larangan untuk bertemu siapa pun.

Profil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang Jadi Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif

Presiden Joko Widodo pun, kata Johan, sudah memastikan bahwa kehadiran Luhut ke rumah Ma'ruf Amin adalah inisiatif pribadi, bukan utusan Istana.

Johan, yang juga sudah berhubungan telepon dengan Luhut, mengaku keberadaannya di rumah Rais Aam NU itu hanya sebentar. "Dia bilang sebentar, say hello, begitu. Salaman, masuk ke rumahnya, terus mengobrol. Bahkan Pak Ma'ruf Amin bilang, 'kok Pak Luhut kaget'. Lalu keluar, pulang," ujar Johan. (ren)

Mengenal Gus Iqdam, Pendakwah Muda dengan Gaya Lucu dan Energik Jadi Idola Milenial
Gowes Ansor 90 Kilometer

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar gowes atau bersepeda santai sepanjang 90 kilometer dari Jakarta ke Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 21 April 2024. Kegiatan ba

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024