TUTUP
TUTUP
POLITIK

Ketua MPR: Pembangunan Sektor Maritim Harus Berkeadilan

Pemerintah harus tegas atas penguasaan tambak oleh segelintir orang.
Ketua MPR: Pembangunan Sektor Maritim Harus Berkeadilan
Ketua MPR Zulkifli Hasan.

VIVA.co.id – Pembangunan sektor kelautan dan perikanan diminta harus berpijak pada prinsip kedaulatan negara, pelestarian lingkungan dan perwujudan keadilan sosial. Pemerintah diminta harus berada di sisi rakyat.

Ketua MPR, Zulkifli Hasan, menyampaikan hal tersebut saat menjadi pembicara dalam Workshop Nasional Pro Kontra Pembangunan Perikanan Kelautan yang dilaksanakan Masyarakat Perikanan Indonesia (MPI). 

"Pemerintah harus tegas berpihak pada nelayan, pembudidaya ikan, sampai petambak garam. Semuanya harus sejahtera," kata Zulkifli dalam keterangan tertulisnya, Senin 30 Januari 2017.

Sebagai Ketua MPR, Zulkifli Hasan memberikan perhatian khusus jangan sampai pembangunan di sektor perikanan dan kelautan justru memperlebar kesenjangan. 

"Misalnya pengaplingan tambak-tambak udang yang luasnya ribuan hektare pada segelintir orang. Ini bisa menimbulkan kesenjangan yang semakin parah," ujar Zulkifli. 

Dia menegaskan, kesenjangan sosial ekonomi di bidang perikanan dan kelautan adalah proses panjang kesalahan di masa lalu. Untuk itu, menurut dia, tidak sepenuhnya problem tersebut ditimpakan kepada pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla. 

Zulkifli mengapresiasi kinerja Kementerian Perikanan dan Kelautan yang memberikan optimisme perbaikan di bidang perikanan dan kelautan. 

"Tapi program seperti penggantian alat penangkapan yang terlarang seperti cantrang dan asuransi nelayan harus lebih dipercepat distribusinya," kata Zulkifli. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP