Panglima: TNI Netral di Pilkada Serentak

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo (berdiri). Menlu Retno Marsudi (tengah).
Sumber :
  • Antara Foto/ M Agung Rajasa.

VIVA.co.id – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan bahwa institusinya netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017. Selain itu, Gatot memastikan TNI siap membantu Polri dalam mengamankan pesta demokrasi di tingkat daerah tersebut.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

"Peran TNI membantu mengamankan pelaksanaan pilkada serentak, kebijakan ini adalah tindak lanjut dari arahan Presiden RI," kata Gatot dalam keterangan resminya, Kamis, 26 Januari 2017.

Demi kelancaran pesta demokrasi tersebut, lanjut Gatot, TNI ikut berpartisipasi dengan menerjunkan pasukan yang tersebar di 101 daerah, baik tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

"Salah satu bentuk partisipasi yang akan dilakukan TNI adalah dengan mengerahkan pasukan TNI yang disebar di seluruh wilayah Indonesia, guna menjaga dan mendeteksi kemungkinan ancaman terhadap pelaksanaan pilkada," ujarnya.

Terkait adanya informasi mengenai ancaman terhadap pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, Gatot menegaskan bahwa TNI telah mengantisipasi segala kemungkinan terburuk. Dia meminta masyarakat tidak khawatir, atau berprasangka yang tidak baik dan tetap beraktivitas seperti biasa.
 
"Saya juga meminta bantuan media untuk memonitor, apabila ada prajurit TNI yang terindikasi berpihak pada peserta pilkada. Tolong sampaikan namanya siapa, pangkatnya apa, satuannya di mana, dan apa yang dilakukan. Segera saya tindak dan proses hukum," tutur Gatot.

5 Sosok Jenderal Bintang 1 yang Dilantik Panglima TNI Jadi Kasdam, Ada eks Kadispenad

Pilkada 2017 merupakan pilkada serentak yang kedua setelah yang pertama digelar pada 2015. Untuk kali ini, 101 daerah termasuk DKI Jakarta akan berpartisipasi. (art)

VIVA Militer: Kasum TNI pimpin upacara laporan kenaikan pangkat 19 Pati TNI

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat dipimpin oleh Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024