Agus Nilai Kasus Sylvi Politis, Ahok: Tersangka Saja Belum

Pasangan calon gubernur dan wakil DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta petahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menganggap kasus yang dapat menjerat calon Wakil Gubernur DKI, Sylviana Murni, belum seberapa jika dibanding kasus yang telah menjerat dirinya. Saat ini Ahok merupakan terdakwa kasus penodaan agama akibat menyitir surat Al Maidah.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Sylvi, pasangan calon Gubernur DKI, Agus Harimurti Yudhoyono, belakangan diperiksa polisi terkait dana hibah pramuka. Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian juga tengah melakukan penyelidikan terkait dugaan korupsi dalam pembangunan masjid di kantor Wali Kota Jakarta Pusat yang dibangun pada saat Sylvi menjabat Wali Kota Jakarta Pusat.

Mantan Deputi Gubernur DKI bidang Pariwisata dan Kebudayaan itu  juga sempat menjadi Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka DKI yang bertanggung jawab atas pengelolaan dana hibah pramuka pada saat itu. Namun Agus Yudhoyono, pasangan Sylvi di Pilkada DKI, sebelumnya menilai bahwa penyelidikan kasus Sylvi "beraroma" politik. Hal itu lantas ditanggapi Ahok.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

"Ini sedikit-sedikit politisasi. Tersangka saja belum. Ini (Ahok), sudah terdakwa, bos!" ujar Ahok di sela-sela blusukan di Kawasan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin, 23 Januari 2017.

Ahok berpandangan bahwa kasus yang menjeratnya justru lebih kental unsur politisasi. Ahok menilai menjadi terdakwa hanya karena pernyataan yang oleh sebagian kalangan dianggap sebagai penodaan agama. Hal itu kata dia jelas tak bisa dilepaskan dari kontestasi di Pilkada DKI Jakarta.  

Ahmad Dhani Tersangka Ujaran Kebencian?

Meski demikian, Ahok mengatakan, alih-alih mengeluh, ia memilih untuk terus menjalani proses hukum. Dia menekankan bahwa kasus itu tidak akan menggugurkan niatnya untuk menjadi Gubernur DKI periode 2017-2022.

"Saya saja menjalani hukum. Biar pengadilan yang membuktikan saya salah atau tidak," ujar Ahok. (ase)

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Saya berani mengatakan bahwa politik kita telah berubah."

img_title
VIVA.co.id
10 November 2018