Fahri: Kunjungan Pejabat MUI ke Israel Hina Pendiri Bangsa

Ketua Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia (MUI), Istibsyaroh, bersama delegasi Muslim Indonesia bertemu dengan Presiden Israel, Reuven Rivlin, Rabu lalu.
Sumber :
  • Twitter / @PresidentRuvi

VIVA.co.id - Ketua Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia Istibsyaroh berkunjung ke Israel, atas prakarsa Dewan Hubungan Australia/Israel dan Yahudi, atau AIJAC. Rombongan MUI itu ditemui langsung oleh Presiden Israel Reuven Rivlin di kediamannya pada Rabu kemarin, 18 Januari 2017.

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah menyayangkan kunjungan tersebut. Sebab, tak sepantasnya tokoh muslim mendatangi negara zionis itu.

"Lobi-lobi zionis ini memang kuat sekali, mau memengaruhi orang-orang yang dianggap bisa menjadi simbol penerimaan kepada negara Israel," kata Fahri di DPR, Jakarta, Jumat 19 Januari 2017.

Kegagalan Hukum Internasional dalam Menghadapi Kejahatan Perang Israel

Fahri mengingatkan, Indonesia tak punya hubungan diplomatik dengan Israel. Karena itu, dia menilai kunjungan MUI tersebut sebagai pengakuan akan kedaulatan negara Israel, bahkan menghina pendiri bangsa.

"Sadarilah, kita tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel. Kunjungan ke Israel itu sama dengan menghina para pendiri bangsa, menghina Bung Karno, menghina amanat pembukaan UUD kita," ujar dia.

Karenanya, ia sangat menyayangkan kunjungan MUI tersebut. Dia pun mengingatkan bahwa negara itu hingga kini masih menjajah Palestina.

"Kita tidak menerima mereka (Israel), karena masih menjajah tanah Palestina. Jadi, itu yang harus disadari, apalagi kalau dia MUI. Sangat disayangkan. Karena, ini sangat prinsipil sekali," tegas Fahri. (asp)

Ilustrasi Boikot Produk Israel. Sumber: Flickr.com

Antara Dukungan dan Keberlanjutan Ekonomi Lokal

Konflik di Gaza, mengundang respons dari berbagai masyarakat Indonesia dengan melakukan boikot terhadap produk yang terhubung dengan Israel.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023