Wapres Jusuf Kalla: Saya Juga Pernah ke Israel

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku tidak tahu soal salah satu ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang berkunjung ke Israel dan bertemu Presiden Reuven Riflin pekan ini. Dari foto yang beredar, sosok yang bertemu Presiden Israel itu adalah Ketua Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga MUI, Istibsyaroh.

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

JK mengaku hingga kini belum mendengar informasi itu. Hanya dijelaskan olehnya, Indonesia memang tidak ada hubungan diplomatik dengan Israel. Namun bukan berarti individu tertentu tidak bisa ke sana.

"Kalau negara seperti Israel tidak ada diplomatik yang tidak boleh berkunjung itu biasanya pejabat, pejabat negara. Itu yang di paspornya dikatakan tidak boleh mengunjunig Israel. Tapi kalau yang biasa banyak sekali tiap tahun banyak ke Israel," kata JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat 20 Januari 2017.

Kegagalan Hukum Internasional dalam Menghadapi Kejahatan Perang Israel

Jk mengatakan, banyak orang Indonesia yang berkunjung ke Israel seperti umat Kristen yang berziarah ke Yerusalem. Begitu juga umat Islam yang hampir rutin setiap tahun mengunjungi Masjid Al-Aqsho.

"Gus Dur (Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid) pernah pergi ke sana (Israel). Saya pernah ke sana, tapi dalam posisi bukan pejabat," lanjut Kalla.

Didukung Amerika Serikat, Ini Alasan Israel Dibiarkan Dunia

Hanya, kata dia, alasan kepentingan pejabat MUI itu ke Israel yang belum diketahuinya.  

"Kunjungan MUI saya belum tahu," katanya. (ren)

Ilustrasi Boikot Produk Israel. Sumber: Flickr.com

Antara Dukungan dan Keberlanjutan Ekonomi Lokal

Konflik di Gaza, mengundang respons dari berbagai masyarakat Indonesia dengan melakukan boikot terhadap produk yang terhubung dengan Israel.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023