Marsekal Madya Hadi Tjahjanto Resmi Jadi KSAU

Marsdya Hadi Tjahjanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Marsekal Madya Hadi Tjahjanto, resmi menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara, menggantikan Marsekal Agus Supriatna. Itu setelah Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah Hadi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 18 Januari 2017.

Harapan Wapres Maruf Amin Terhadap KSAU Baru Marsdya Tonny Harjono

Pengangkatan Hadi tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 2 TNI 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara. Keppres ini juga resmi memberhentikan Marsekal Agus Supriatna secara terhormat dan disertai ucapan terima kasih. Setelah itu, Presiden Jokowi mengambil sumpah Hadi.

Hadi yang lahir di Malang pada 8 November 1963 silam itu merupakan perwira tinggi lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987.

Menyandang Jenderal Kehormatan, Ini Deretan Bintang Jasa Prabowo dari Panglima TNI dan Kepala Staf

Karier dari suami Nanik Istumawati tersebut diawali ketika menjadi Komandan Lanud Adi Sumarmo, Solo pada 2010-2011 silam pada saat Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo. Usai itu, Hadi didapuk menjadi Direktur Operasi dan Latihan Basarnas (Dirops dan Lat Basarnas) pada periode 2011-2013.

Ayah dari Hanica Relingga Dara Ayu dan Handika Relangga Bima Yogatama tersebut lalu ditempatkan sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AU 2013-2015 dan Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang pada 2015.

Istana Kasih Bocoran Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa

Tak lama, Hadi dipromosikan menduduki posisi Sekretaris Militer Presiden 2015-2016 menggantikan Laksamana Muda Tri Wahyudi Sukarno. Menjadi Sesmilpres membuat Hadi kembali dekat dengan Jokowi.

Kurang lebih setahun, Hadi mendapat tugas baru sebagai Irjen Kementerian Pertahanan mulai tahun 2016 hingga akan dilantik menjadi KSAU hari ini yang merupakan tahap karier cemerlang Hadi meraih pangkat bintang demi bintang meninggalkan para seniornya. (ase)

Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono saat dilantik Presiden

Dilantik Jadi KSAU, Tonny Harjono Naik Pangkat Marsekal TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Tonny Harjono resmi menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jumat, 5 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024