Jokowi Panggil Tiga Menteri

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Presiden Jokowi memanggil tiga menteri yakni Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Menteri Ristek Pendidikan Tinggi M. Nasir, ke Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 17 Januari 2017.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Usai pertemuan, Lukman mengatakan, pembahasan dengan Jokowi seputar pendidikan secara umum. Ketiga menteri itu punya peran dalam sektor pendidikan.

"Bagaimana agar pendidikan karakter bangsa harus jadi perhatian kita semua. Bagaimana pendidikan terkait jati diri keindonesiaan kita yang memang dikenal sebagai masyarakat bangsa yang religius, sangat agamis," kata Lukman.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Di tengah nuansa agamis masyarakat Indonesia, hal lain yang berkembang di masyarakat adalah Indonesia sangat memperhatikan keragaman, kemajemukan, kebhinekaan.

"Inilah yang harus senantiasa dijaga dan dikembangkan oleh semua lembaga pendidikan kita. Oleh karena itu, tadi diundang oleh pak Presiden adalah Mendikbud, Menristek Dikti, dan saya," kata Lukman.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Belakangan, banyak persoalan mengenai kebhinekaan yang terjadi. Sikap-sikap intoleransi dianggap kembali marak belakangan ini.

Maka pada Senin kemarin puluhan antropolog juga mengajukan petisi soal darurat kebhinekaan ke Presiden Jokowi. Untuk itu, Jokowi memanggil ketiga menteri itu agar memperhatikan persoalan ini secara serius.

"Presiden meminta agar menteri-menteri yang membidangi pendidikan secara umum, memberikan perhatian terkait hal ini.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya