DPR: Kalau Mau jadi Pimpinan Ormas, Berhenti dari Kapolda

Politisi Partai Demokrat, Benny K. Harman.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Jabatan pembina organisasi kemasyarakatan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia yang diemban oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Anton Charliyan menuai kontroversi. Wakil Ketua Komisi III DPR Benny Kabur Harman juga heran dengan hal itu.

Tiga Oknum Aktivis LSM GMBI Ditahan karena Keroyok Dokter

"Ya gimana Kapolda membina. Tapi harus ditanya, jangan-jangan ada permintaan Kapolri, masa (Kapolda) membina?" Kata Benny ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 16 Januari 2017.

Karena itu Benny mengatakan Komisi III akan memanggil Kapolri untuk memberi penjelasan terkait hal ini. Dia mengingatkan seorang polisi, termasuk Kapolda, diberi amanah oleh negara untuk menjalankan tugas kepolisiannya.

Pelaku Perusakan Kantor GMBI Mengaku Diajak Ustaznya

"Kok seperti pimpinan LSM begitu. Kalau mau jadi pimpinan ormas, berhentikan saja dari Kapolda," ujar Benny.

Benny mengingatkan seorang polisi aktif yang punya kewenangan khusus tidak sepatutnya menjadi pimpinan ormas atau partai politik tertentu. Benny menunggu tindakan tegas Kapolri atas Kapolda Jabar.

Anton Charliyan: Saya Diangkat jadi Pembina GMBI Secara Adat

"Apalagi kalau ormas itu jadi underbownya partai politik tertentu. Kami minta Kapolri melakukan tindakan tegas," kata Benny.

Suasana lokasi bentrokan (Foto ilustrasi).

Fakta-fakta Penyerangan Kantor LSM GMBI, 80 Anggota PP Diamankan

Berikut fakta-fakta penyerangan Kantor LSM GMBI, 80 anggota PP diamankan. Kejadian tersebut menjadi tontonan warga yang melintas.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2021