Istana Bantah Jokowi Tegur Panglima TNI

Gatot Nurmantyo saat masih jadi Panglima TNI bersama Presiden Joko Widodo beberapa waktu silam.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Kabar Presiden Joko Widodo menegur Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sempat beredar luas. Namun hal itu dibantah oleh Juru Bicara Presiden Jokowi, Johan Budi.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Diberitakan Reuters dengan judul "Indonesia's President Moves to rein in 'out of control' Military Chief", disebutkan kalau Jokowi menegur Gatot karena melakukan langkah menghentikan sementara kerja sama militer Indonesia dengan Australia.

Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapto Pribowo memastikan selama ini tidak pernah ada teguran tersebut. Termasuk  pada saat sidang kabinet paripurna di Istana Bogor pekan lalu.

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

"Tidak benar (Jokowi tegur Gatot). Dalam sambutannya di depan rapat kabinet paripurna Presiden tidak menyebutkan sama sekali soal Pak Gatot," kata Johan saat dihubungi pada Selasa 10 Januari 2017.

Pascapembekuan sementara kerja sama bahasa antara TNI dengan militer Australia, hubungan kedua negara sempat memanas. Menurut Gatot, pihaknya menarik diri dari kerja sama itu karena menyangkut permasalahan ideologi di antaranya materi pelajaran militer Australia yang melecehkan sebutan Pancasila.

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Disebutkan bahwa pada bahan ajar, ada 'plesetan' Pancasila menjadi pancagila. Padahal, Pancasila adalah dasar negara Indonesia.

Presiden Joko Widodo.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang hendak mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 harus lebih awal, karena jumlah pemudik tahun ini men

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024