Gerindra Dinilai Punya Kader Mumpuni untuk Kabinet Kerja

Para menteri baru hasil reshuffle kabinet Jokowi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Wacana perombakan kabinet atau reshuffle kabinet jilid 3 pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla kembali mengemuka. Terkait isu pemberian jatah menteri kepada Partai Gerindra, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu mengatakan, hal itu menjadi hak penuh Presiden.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Terserah Presiden. Tergantung kebutuhan Presiden," kata Masinton kepada VIVA.co.id, Rabu 4 Januari 2017.

Masinton mengakui adanya kedekatan Jokowi dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo belakangan ini. Tak mustahil pada kompromi masuknya kader partai tersebut ke kabinet. Namun menurut dia, komunikasi yang baik di antara keduanya bisa juga sebagai bentuk sikap negarawan.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

"Dalam aspek-aspek politik kenegaraan dan kebangsaan ya, Beliau berdua itu sangat dekat meskipun Beliau berdua pernah saling berkompetisi dalam pemilihan presiden," ujarnya.

Terkait PDIP rela Gerindra diberi jatah menteri, Masinton hanya menjawab kembali bahwa hal itu tergantung kebutuhan Presiden. Masinton juga mengaku tahu ada kader Gerindra yang memang punya kapasitas untuk masuk Kabinet.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

"Nanti tentu sebagai partai politik kan juga Gerindra punya kader-kader yang mumpuni dalam pemerintahan, gitu kan. Lagi-lagi kan tergantung kebutuhan Presiden dan juga kemauan juga dari Pak Prabowo," kata Anggota Komisi III ini.

(mus)

Presiden Jokowi dan Wapres KH. Ma'ruf Amin Serahkan Zakat

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proses negosiasi pemerintah untuk menambah kepemilikan saham PT. Freeport Indonesia (PTFI) sebesar 10 persen masih berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024