Zulkifli Malu Jika Ada Konflik Berbau SARA

Ketua MPR Zulkifli Hasan.
Sumber :

VIVA.co.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan mengimbau, masyarakat tetap menjaga persatuan dan kerukunan di Indonesia. Meskipun dia mengakui perbedaan adalah kenyataan objektif di negeri ini.

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

"Tapi ingat bahwa kita itu telah bersumpah bahwa kita tetap satu tanah air, Indonesia. Kita semua bersaudara," kata Zulkifli Hasan saat berkunjung ke Kabupaten Lampung Selatan, Kamis 29 Desember 2016.

Zulkifli menuturkan, bahwa Lampung Selatan adalah salah satu kabupaten yang memiliki latar belakang masyarakat yang berasal dari berbagai daerah. Ada dari Aceh, Medan, Bali, Jawa, dan lain sebagainya.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

"Alhamdulillah hari ini semua berkumpul bersama, semua bisa tetap bersatu," ujarnya.

Menurutnya, Kabupaten Lampung Selatan harus bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Sebab, daerah itu pernah memiliki sejarah kelam yaitu konflik antarsuku.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

Oleh karena itu, Zulkifli menegaskan, perlunya peran seluruh elemen masyarakat untuk menjaga serta menciptakan suasana yang harmonis antarmasyarakat, dan tetap saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Ia pun menegaskan, semua rakyat Indonesia,  baik yang berasal dari Bali, Jawa, Sumatera, Aceh, dan memiliki keyakinan agama yang berbeda-beda, pada dasarnya memiliki persamaan di mata hukum negara. Sehingga, tidak ada yang berhak membeda-bedakan golongan tertentu.

"Jangan seperti dulu, ada masalah di Lampung Selatan masyarakat tidak bisa bersatu. Saya malu sebagai Ketua MPR asal Lampung Selatan, kalau di tanah kelahiran saya terjadi seperti itu. Oleh karena itu, kebersamaan harus kita jaga, karena kita semua bersaudara, sebagai saudara sebangsa, bangsa Indonesia.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya