Munculnya Oesman Sapta Odang Bikin 'Keder' Kader Hanura

Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang jadi Ketua DPD.
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua Dewan Penasihat DPP Partai Hanura, Djafar Badjeber, mengakui bahwa memang sempat muncul nama-nama dari internal Partai Hanura yang akan maju sebagai bakal calon ketua umum sebagai pengganti Wiranto, yang diangkat Presiden Jokowi menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan.

Wiranto Sebut Hadi Tjahjanto Sosok Tepat Jadi Menko Polhukam, Paham Anatomi Ancaman

"Tapi ketika rapat DPP mereka tidak memunculkan namanya. Mungkin segan karena sudah diputuskan ketua umum (Oesman Sapta Odang atau OSO calon tunggal)," kata Djafar saat dihubungi pada Selasa, 20 Desember 2016.

Ia mengatakan, calon-calon dari internal Hanura dianggap belum memiliki kualifikasi yang mumpuni. Misalnya memiliki modal, ketokohan dan jaringan. Hingga saat ini, belum ada yang dianggap memiliki figur yang sama kuat dengan Wiranto. Namun kemudian nama OSO muncul.

Wiranto: Saya Sebagai Pembina TKN, Bersaksi Tak Ada Agenda Apalagi Rencanakan Kecurangan

"Kemarin sempat Dossy Iskandar, Prasetyo, Yuddy Chrisnandi, Saleh Husin. Ada juga dari luar, Moeldoko. Dia (Moeldoko) ingin tahu mekanismenya dia sebagai calon. Perannya bagaimana. Istilahnya kalau dia hanya di bawah ketiak, ya mungkin dia akan pertimbangkan," kata Djafar.

Ia mengatakan para bakal calon tersebut ingin maju karena keinginan mereka sendiri. Sementara dukungan dari kepengurusan di tingkat bawah memang belum ada.

Usai Nyekar ke Makam Orangtua, Prabowo Sempat Temui Wiranto dan Sampaikan Hal Ini

"Teman-teman daerah tahu kondisi di DPP. Secara personal mereka kenal figur satu persatu," kata Djafar.

(ren)

Presiden Jokowi bersama Menteri Bermalam di IKN Nusantara

Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Wiranto bermalam di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis malam, 29 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024