Hercules Jatuh, Kesiapan Alutsista Disorot

Pesawat Hercules tipe A 1335 milik TNI jatuh di Jayawijaya.
Sumber :
  • Basarnas

VIVA.co.id – Anggota Komisi I DPR, Evita Nursanty merespons peristiwa kecelakaan pesawat Hercules C-130, A-1334 dengan rute Timika ke Wamena, Papua yang diduga menabrak gunung.

Enam Penumpang Diperkirakan Tewas Setelah Pesawat Rusia Jatuh

"Pertama saya ingin sampaikan belasungkawa kepada korban dan keluarganya. Semoga diberikan kekuatan dan ketabahan," kata Evita melalui pesan singkat kepada VIVA.co.id, Minggu 18 Desember 2016.

Ia juga meminta semua pihak bersabar dan tidak menduga-duga penyebab kecelakaan hingga selesainya investigasi resmi yang dilakukan TNI AU. Namun, Evita dari Fraksi PDIP itu menilai ada faktor kondisi cuaca di wilayah Jayawijaya yang memang topografinya cukup rawan.

Keluarga Cerita Kiprah Kapten Mirza yang Pernah Ikut Operasi Militer

"Apalagi tujuan pesawat itu di sana memang untuk latihan navigasi," kata Evita.

Ia melanjutkan, mengingat ada beberapa peristiwa kecelakaan pesawat terakhir ini termasuk yang dialami pesawat skytruck milik Polri di perairan Kepri dan Helikopter Bell 412 milik TNI AD di Kalimantan, maka perlu pengutamaan keselamatan dengan meningkatkan kesiapan baik teknis pesawat dan alat utama sistem senjata (alutsista) lainnya serta upaya mencegah human error atau 'kesalahan manusia'.

Keluarga Ikhlaskan Kepergian Kapten Mirza Pilot Rimbun Air

"Kita tahu setiap pesawat memiliki karakteristik tersendiri dan harus betul-betul diperhatikan sehingga ke depan kita persempit peluang kecelakaan, meski sadar soal cuaca dan nonteknis lain di luar kendali manusia," kata Evita.

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api setelah sebuah jet tempur jatuh di Tabriz, Iran, 21 Februari 2022.

Pesawat Tempur Militer Iran Menimpa Sekolah, Tewaskan 3 Orang

Sebuah pesawat tempur F5 buatan AS yang digunakan militer Iran jatuh dan menimpa tembok sekolah di kota Tabriz, barat laut Iran.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022