Cak Imin: Cinta Nabi, Harus Pahami dan Amalkan Alquran

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Januar Adi Sagita.

VIVA.co.id – Inisiator Gerakan Nusantara Mengaji, Muhaimin Iskandar mengatakan, jika umat Islam Indonesia  mencinta dan menghormati Nabi Muhammad SAW, harus memahami dan mengamalkan Alquran.

Cak Imin Masih Ngotot Usul Tunda Pemilu 2024

Menurut Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu, seluruh tuntunan kebahagiaan hidup dunia dan akhirat terdapat dalam Alquran.

"Seluruh tuntunan kebahagian hidup dunia dan akhirat terdapat dalam Alquran," katanya dalam Khataman Akbar Nusantara Mengaji se-Kota Bogor, sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Baitul Faizin, Bogor, Jawa Barat, Minggu 11 Desember 2016.

Dari Wonosobo, 1.000 Kiai Dukung Cak Imin Nyapres 2024

Dalam konteks inilah, kata Cak Imin begitu akrab disapa, urgensi Nusantara Mengaji hadir di tengah-tengah umat. Pemahaman itu dimulai dari intensitas tinggi membaca Alquran. "Mengapa khataman (Alquran) sebanyak-banyaknya, karena di dalamnya terdapat doa," tuturnya.

Menurut Cak Imin, Alquran adalah rujukan utama meneladani Rasulullah SAW. Alquran adalah cerminan akhlak Rasul. Keluhuran akhlak menjadi penting penopang kemajuan sebuah negara. Peradaban semaju apapun, bila tidak ditopang dengan akhlak sejatinya sangat rapuh.

Cak Imin Dapat Kejutan dari Pecinta Vespa, Apa Itu?

Banyak negara maju, namun dekadensi moral merajalela seperti pembunuhan, perceraian, dan sebagainya akibat stres. Padahal, bagaimana pun kemajuan lahiriah harus diperkuat dengan spiritualitas dan akhlak. "Islam, akhlak, dan kemajuan jangan dipisahkan," katanya.

Cak Imin juga mengingatkan generasi muda, kembali menggali dan meneladani sosok Rasulullah SAW. Ini penting, mengingat kecenderungan generasi muda milinea menurut sejumlah survei, cenderung apatis, egois, dan tidak percaya diri meski unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Cak Imin menyebutkan ,di antara nilai keteladanan itu antara lain kemandirian sebagai pengusaha muda, kepedulian sesama, dan kemampuan Rasul menyatukan umat dan bangsa dalam koridor Islam dengan menebarkan rahmat dan kasih sayang kepada umat manusia dan mahkluk lainnya.

"Generasi muda harus jadi teladan generasi tangguh," katanya, seraya berharap peringatan Maulid Nabi SAW tahun ini semoga menjadi momentum perubahan kemajuan umat Indonesia dan dunia.

Acara khataman Alquran yang kembali digalakkan Nusantara Mengaji ini juga dilaksanakan di seluruh kecamatan se-kabupaten Bogor.

Masjid Baitul Faizin Cibinong yang menjadi pusat tempat khataman yang disiarkan langsung melalui program Damai Indonesiaku di tvone. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya