Jokowi akan Keluarkan Payung Hukum Penanganan Gempa Aceh

Presiden Jokowi Kunjungi Korban Gempa Pidie Jaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad Solihin

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan surat sebagai payung hukum agar semua pihak, termasuk pemerintah pusat, bisa bekerja mempercepat pemulihan Aceh, usai gempa yang melanda provinsi itu, Rabu, 7 Desember 2016.

Terpopuler: Ungkapan Satire Adian tentang Gibran, Puan soal Megawati Empaskan Tangan Jokowi

Setelah dua hari berada di Aceh dan Pidie Jaya, menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Presiden Jokowi sudah meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Mendikbud Muhadjir Effendy, untuk langsung bekerja.

Basuki diminta segera memperbaiki infrastruktur, seperti jalan rusak, perkantoran dan masjid. Sementara untuk sekolah yang roboh, Muhadjir juga diminta untuk langsung bekerja guna pemulihan.

Isu Pramono Anung Mundur dari Menseskab, Puan: Kan Nggak Punya Salah

"Presiden sudah meminta Seskab untuk mengeluarkan surat agar ada payung hukum bagi mereka untuk bisa bekerja tanpa harus menunggu terlalu lama. Sebab kalau prosesnya harus menentukan apakah ini darurat dan sebagainya, mengenai statusnya, itu terlalu lama," ujar Pramono, saat ditemui di acara Indonesianisme Summit, di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu, 10 Desember 2016.

Lazimnya, pemulihan dan bantuan itu dilakukan setelah pemerintah mengumumkan status dari bencana itu, apakah bencana nasional atau tidak, sehingga baru ditentukan jenis bantuannya.

Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari 12 Duta Besar di Istana

Namun, pemerintah saat ini tidak menunggu status itu. Dalam peninjauan kemarin, kata Pramono, Presiden langsung memutuskan bantuan dan pemulihan bangunan-bangunan yang ambruk.

"Kemarin langsung menginstruksikan kepada Pangdam misalnya di pesantren yang roboh untuk segera dilakukan perbaikan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat segera masuk untuk menormalkan kembali," ujar Pramono.

Presiden Jokowi, Menlu Retno Marsudi dan Seskab Pramono Anung

Seskab Pramono Anung Tak Dampingi Jokowi ke Dubai, Istana: Gantian, Mereka Bergiliran

Istana menepis tak ikutnya Seskab Pramono Anung dalam kunker ke Dubai dispekulasikan terkait isu keretakan PDIP dengan Jokowi. Pramono Anung juga terlihat sering absen.

img_title
VIVA.co.id
1 Desember 2023