Harta Agus Dibandingkan dengan SBY saat Pilpres

Agus Harimurti Yudhoyono
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Kekayaan calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono menjadi sorotan dari berbagai pihak. 

Diusulkan PKB Sebagai Bakal Cagub DKI Jakarta, Ida Fauziyah: Belum Dilantik Jadi DPR Nih

Pada akhir November lalu, KPU DKI Jakarta merilis jumlah kekayaan masing-masing pasangan calon dalam Pilkada DKI Jakarta. Menurut situs KPUD DKI Jakarta, Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono, memiliki total kekayaan Rp15,3 miliar, ditambah US$511.322.

Menariknya jumlah kekayaan Agus saat mendaftarkan diri sebagai calon gubernur itu, lebih besar dari jumlah kekayaan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono saat mencalonkan diri sebagai presiden pada 2009. Saat menjadi calon presiden, total kekayaan SBY Rp6,8 miliar. 

DPR dan Pemerintah Sepakat Pilkada Jakarta Satu Putaran di RUU DKJ

Mantan kader Partai Demokrat, Tridianto menyoroti kekayaan Agus tersebut yang menurutnya terbilang menimbulkan tanda tanya.

"Di antara para cagub DKI Jakarta, hartanya yang dinilai lebih fantastis adalah Agus. Laporan hartanya sebagai cagub lebih besar daripada laporan hartanya Pak SBY dulu sebagai capres," ujar Tri kepada VIVA.co.id, Jumat 9 Desember 2016. 

Pakar: Kalau Keajaiban Pilpres Tak Terjadi, Anies akan Jadi Prioritas di Pilgub DKI

Melihat jumlah kekayaan yang fantastis itu, Tridianto mengatakan, tentu masyarakat akan bertanya kenapa Agus yang sebelumnya di militer berpangkat mayor, punya kekayaan yang melebihi ayahnya. Menurut orang dekat Anas Urbaningrum itu, jumlah kekayaan Agus lebih besar dari harta pensiunan jenderal dan mantan menteri. 

"Inilah yang perlu dijelaskan oleh Agus. Tidak cukup dengan menyatakan bahwa harta yang dilaporkan itu gabungan antara dia dan istrinya yang artis. Itu sih bukan penjelasan," ujar Tri. 

Mantan Ketua DPC Partai Demokrat Cilacap itu mengatakan, jika perlu, SBY bisa turut menjelaskan dari mana harta anak sulungnya tersebut. Menurut Tri, SBY ikut menjelaskan bukan sebuah aib, malah hal itu akan menunjukkan keterbukaan dan integritas Agus, sebagai kandidat dalam Pilkada DKI Jakarta.

"Dengan begitu berarti sejak awal Agus dan Pak SBY berani jujur dan berani menyatakan secara terbuka bahwa sebagai cagub dia bersih. Itu sangat penting. Jangan membiarkan masyarakat Jakarta bertanya-tanya dan menebak-nebak seperti teka-teki," jelas dia. 

Jumlah kekayaan SBY menurut data terakhir memang berkembang. Pada Mei 2009 lalu, kekayaannya Rp6,8 miliar dan berkembang menjadi Rp7,6 miliar pada November 2009, dan kemudian pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Sby terakhir tercatat mencapai Rp9 miliar. 

Sementara kekayaan pasangan Agus, Sylviana Murni, memiliki total kekayaan mencapai Rp8,37 miliar. Sebab, dia diketahui memiliki utang dalam bentuk pinjaman uang sekitar Rp1,4 miliar.

Untuk pasangan nomor urut 2, Calon Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok, memiliki kekayaan mencapai 25,6 miliar, ditambah US$7.228.
Sedangkan Djarot, selaku calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, sesuai laporannya pada 6 Oktober 2016, memiliki harta senilai Rp6,29 miliar.

Pasangan Nomor Urut 3, Calon Gubernur Anies Baswedan, tercatat pada 20 September 2016 memiliki harta senilai Rp7,3 miliar, ditambah US$8.8893.

Untuk pasangannya, Sandiaga Uno, tercatat paling kaya dengan total kekayaan mencapai Rp3,8 triliun dan US$10,3 juta. Dalam laporan harta kekayaan ini, Sandiaga tercatat punya utang sebesar Rp8,4 miliar dan US$23,65 juta.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya