Calon Kepala Daerah Diminta Jelaskan Asal Usul Hartanya

Ilustrasi suasana saat Pilkada Serentak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Mantan kader Partai Demokrat, Tridianto, mengatakan saat ini masyarakat membutuhkan pemimpin yang visinya anti korupsi dan benar-benar bersih. Menurutnya, pemimpin yang tidak bersih bukan zamannya lagi.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

"Itu tipe pemimpin yang cocoknya buat masa lalu. Bukan untuk zaman sekarang," kata Tridianto dalam keterangannya, Jumat, 9 Desember 2016.

Terkait dengan hal itu, lanjut orang dekat mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum itu, maka para calon Kepala Daerah perlu menjelaskan secara detil asal-asal harta kekayaannya. Bukan hanya menuliskan laporan mengenai jumlahnya saja.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

"Tidak terkecuali untuk Pilgub Jakarta yang menjadi perhatian luas," kata dia menyarankan.

Oleh karena itu, Tri menilai baik Agus Yudhoyono, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, maupun Anies Baswedan, harus menjelaskan apa saja hartanya dan dari mana asalnya. Hal ini agar menjadi bagian dari penilaian masyarakat sebelum menjatuhkan pilihan.

Mendagri Minta Pj Kepala Daerah Penuhi Kebutuhan Anggaran Pilkada 2024

"Sekaligus ini agar masyarakat tidak bertanya-tanya tentang jumlah kekayaan mereka yang dianggap fantastis. Ayo, jujur saja jelaskan kepada masyarakat," tuturnya.

Sekedar diketahui, hari ini merupakan hari peringatan anti korupsi sedunia. Sejauh ini, para calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta sudah melaporkan hartanya ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024